Monday, 23 July 2018

Wujud Kepedulian Pemudik Dari BPJS Kesehatan

post-top-smn

JEMBER, SMN — Wujud kepedulian dari BPJS Kesehatan Cabang Jember terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta JKN-KIS, seperti  melakukan mudik di Lebaran kali ini.

Hal ini dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana.

Seperti dalam kondisi emergensi, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Tanya Rahayu kepada sejumlah media massa  khusus kondisi gawat darurat,  peserta dapat langsung dilayani di IGD rumah sakit terdekat sesuai ketentuan yang berlaku.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat, prosedurnya peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Tanya saat diwawancarai wartawan, sore tadi.

Menurutnya penting untuk diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif.

“Dimohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin dalam membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif, untuk mengecek iuran peserta dapat melalui aplikasi BPJS Kesehatan mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan mobile atau care center BPJS Kesehatan 1500400,” terangnya.

Peserta JKN-KIS, menurut Tanya,  juga tidak perlu khawatir lagi sebab mereka berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri 1439 H.

Dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Dan kebijakan tersebut berlaku saat libur lebaran 2018, tepatnya H-8 sampai H+8 atau 7 sampai 23 Juni 2018,” bebernya.

Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayan kesehatan pada fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP  tersebut.

Sementara itu, kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember, dr Siti Nurul Qomariah dihadapan media menyatakan juga bahwa pihaknya telah menyiapkan Tim kesiapsiagaannya.

Selain itu, dikatakan dr Nurul, piket jaga di rumah sakit ada di 10 titik tempat, antara lain Pospam Podok Dalem, SPBU Klatakan, Terminal Tawang Alun, Terminal Arjasa, Terminal Pakusari, Pos Garahan, Stasiun Kereta Api, Bandara Noto Hadinegoro, Pos Watu Ulo, Pos Papuma dan Pos Pantai Pancer.

“Ada 50 Puskesmas, 54 klinik, 3 RSUD, 7 RS swasta, dengan ambulan desa sekitar 195 armada telah disiapkan untuk kegiatan mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan, kalau kurang puas dengan pelayanan bisa hubungi saya di 0331425222 atau HP 0811357085,” katanya.

Sedangkan Dr Hendro, selaku Direktur RSUD dr Soebandi, menjelaskan kalau Rumah Sakit tersebut dibuka 24 jam.

“Malahan ini di ruang Instalasi Gawat Darurat (OGD) ada tambahan 2 tenaga untuk rawat jalan,” papar dr Hendro.

Selain itu, RSUD dr Soebandi juga menyiapkan 50 pelpet untuk keadaan kegawatdaruratan massal. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait