Tuesday, 12 December 2017

Warga Dihimbau Waspada Demam Berdarah

post-top-smn

Kejadian penyakit Demam Berdarah tiap tahun semakin  meningkat di Indonesia

Blitar, SMW – Kejadian penyakit Demam Berdarah tiap tahun semakin meningkat di Indonesia, jumlah ini bertambah pesat terutama pada musim penghujan dan pasca banjir. Adapun penyebabnya adalah adanya air tergenang, yang kemudian dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti. Oleh karena itu kita harus waspada demam berdarah mengintai di musim hujan .

Penyakit demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue (tipe 1, 2, 3, 4). Virus ini masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini dapat mengganggu sistem pembekuan darah dan pembuluh darah kapiler, sehingga dapat menyebabkan perdarahan.

Diagnosa demam berdarah biasanya dilakukan secara klinis. Biasanya yang terjadi adalah demam tanpa adanya sumber infeksi, terdapat bintik-bintik/bercak perdarahan di bawah kulit. Pada pemeriksaan laboratorium, ditemukan jumlah trombosit yang menurun dan hematokrit yang cenderung meningkat. Selain itu dapat pula dilakukan pemeriksaan serologi seperti Dengue blot test untuk memastikan diagnosa demam berdarah jika terindikasi secara klinis. Mendiagnosis demam berdarah secara dini dapat mengurangi risiko kematian daripada menunggu sampai penyakit menjadi akut.

Sampai saat ini belum ada vaksin yang tersedia secara komersial untuk demam berdarah. Pencegahan utama Demam Berdarah terletak pada menghapuskan atau mengurangi kontak dengan nyamuk Demam Berdarah. Pencegahan dilakukan dengan MENGHINDARI GIGITAN NYAMUK di sepanjang siang hari (pagi sampai sore) karena nyamuk Aedes aktif di siang hari.

Kenakan pakaian yang lebih tertutup atau gunakan cairan/krim anti nyamuk (mosquito repellant). 3M (Menguras bak mandi, Mengubur barang-barang bekas, Menutup tempat penampungan air). Pengasapan (Fogging). Abatisasi, untuk memutuskan mata rantai pembiakan Aedes aegypti,Dr.Suhardi HW selaku Kepala Puskesmas Kademangan berharap kepada masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan menjaga lingkungan agar wabah demam berdarah tidak merenggut korban lebih banyak lagi. (mam)

post-top-smn

Baca berita terkait