Wednesday, 19 December 2018

Warga Desa Sibanggor Julu Lakukan Unjuk Rasa, Memohon Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Segera Dicabut Izin PT.Sorik Marapi Geothermal Power

post-top-smn

madiina

Madina,SMN – Warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara, Jumat (4/8) lakukan aksi unjuk rasa di pintu gerbang lokasi pengeboran Wellpad SM-A, Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi, akibat aktivitas pekerjaan pengeboran yang dilakukan perusahaan panas bumi PT.Sorik Marapi Geothermal Power, semakin meresakkan warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Ironisnya aktivitas pengeboran dan kebisingan mesin pengeboran saat beroperasi membuat warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara menjadi korban akibat dampak aktivitas pengeboran PT.Sorik Marapi Geothermal Power.

Dari pantauan dilapangan, warga yang hadir lakukan aksi unjuk rasa terus menerus meneriakkan setiap ada aktivitas PT.Sorik Marapi Geothermal Power dilokasi itu mereka selalu mendapat suara bising, getaran dan rusaknya puluhan rumah akibat aktivitas PT.Sorik Marapi Geothermal Power siang dan malamdiwilayah tersebut.

Dari keterangan diperoleh dari salah satu kordinator aksi, Syaepuddin Lubis mengungkapkan ke Suara Media Nasional bahwa pihak PT.Sorik Marapi Geothermal Power selama ini telah melakukan pembohongan dan pembodohan kepada warga dikarenakan pihak PT.Sorik Marapi Geothermal Power menginformasikan bahwa aktifitas mereka tidak akan menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan maupun kehidupan masyarakat disekitarnya, tapi apa ?, sekarang hidup kami bagaikan di neraka. Tidak siang tidak malam, hidup kami selalu dipenuhi suara bising dan getaran kiriman PT.Sorik Marapi Geothermal Power.

Sementara kordinator lainnya, Rahman Simanjuntak dalam orasinya mengatakan jika PT.Sorik Marapi Geothermal Power hanya membuat sumber penyakit sehingga warga menjadi menderita, lebih baik PT.Sorik Marapi Geothermal Power dicabut izin nya dari Desa Sibanggur Julu Kabupaten Madina.“Suara tertinggi di negeri ini adalah suara rakyat, dan jika kalian hanya bisa memberi derita bagi masyarakat, silahkan hengkang dari sini,”ucapnya.

Lanjut, kami memohon kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Jokowi Widodo yang kami cintai, demi rakyat Indonesia, agar mencabut izin PT.Sorik Marapi Geothermal Power di WKP Sorikmarapi Roburan Sampuraga karena membuat kami menjadi menderita dari aktifitas mereka.

“Kami mohon juga Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi dan Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution agar segera cabut izin PT.Sorik Marapi Geothermal Power, karena menurut kami warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara menerima dampak negatif yang timbul akibat aktivitas PT.Sorik Marapi Geothermal Power,”pintanya.

Menanggapi Aspirasi Masyarakat, pihak PT.Sorik Marapi Geothermal Power yang diwakili oleh Kepala CDCR, Anton Rahmadi dan pegawai lainnya mengatakan akan menyampaikan keluhan masyarakat tersebut kepada pimpinannya/managemen PT.Sorik Marapi Geothermal Power karena saat ini katanya pimpinan perusahaan sedang berada diluar kota,” ungkapnya

Kemudian Anton Rahmadi mengatakan terkait tuntutan masyarakat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat Desa Sibanggor Julu sebelumya. Kemudian dia juga berjanji akan menindaklanjuti tuntutan masyarakat tersebut satu minggu kemudian.

Mendengar penjelasan dari pihak PT.Sorik Marapi Geothermal Power, massa sempat tidak terima dan enggan membubarkan diri. Akan tetapi, setelah dilakukan dialog yang ditengahi oleh pihak kepolisian, kedua belah pihak sepakat Kamis depan semua tuntutan tersebut akan dijawab oleh pihak perusahaan. Massa pun akhirnya membubarkan diri dengan tertib ditengah cuaca dingin dan guyuran hujan tersebut.

Pantauan dilapangan, beberapa petinggi Mapolres Kabupaten Mandailing Natal ikut menyaksikan unjuk rasa tersebut. Seperti Kapolres Madina AKBP Marty Soni, Kasatreskrim Hendro Sutarno, Kasat Intel Madina dan lainnya. Turut juga Hadir Camat Puncak Sorik Marapi Kasmir. (awan sitijah)

post-top-smn

Baca berita terkait