Saturday, 24 August 2019

Breaking News

Wagub: Mahasiswa Jatim Harus Menang Kompetisi di Era Teknologi

post-top-smn
Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf

Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf

Surabaya, SMN – Mahasiswa di Jawa Timur diharapkan mampu sebagai pemenang dalam kompetisi di era kemajuan teknologi dengan berbekal “Spiritual Happiness, Intelectual Happiness, Skill dan Physical Appearance.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf saat pembukaan pembekalan Mahasiswa Baru 2016 Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag), di Kampus Untag Jalan Semolowaru Surabaya, Minggu (21/8).

Dijelaskan Gus Ipul, Spiritual Happiness artinya para generasi muda merasa bahagia bila selalu berdekatan dengan Tuhan. “Hidup untuk Tuhan. Orang hebat adalah orang yang dalam hidupnya mencari keselamatan. Dengan cara selalu dekat dengan Tuhan,” papar Ketua PBNU ini.

Sedangkan Intelectual Happiness, artinya bahagia apabila bisa menggunakan akal dengan baik untuk melakukan kegitan yang berguna. Sehingga harus ada keseimbangan antara Spritual Happiness dan Intelectual Happiness.

“Kalau hanya memiliki Spiritual Happiness, seseorang akan dengan mudah dipermainkan orang lain. Sedangkan apabila hanya memiliki Intelectual Happiness, akan dengan mudah melanggar peraturan yang ada untuk mencapai tujuan,” jelasnya.

Kemudian Skill atau keterampilan, menurut Gus Ipul itu juga harus dipunyai para generasi muda. Tujuannya, apabila mencari pekerjaan di sebuah perusahaan atau dimanapun akan mempunyai nilai tambah dan diperhitungkan. “Sejak saat ini, tanyalah pada diri sendiri keterampilan apa yang menjadi minat, kemudian dipelajari hingga kelak dapat berguna dan menunjang untuk mencari pekerjaan,” pesannya.

Terakhir, Physical Appearance atau penampilan fisik juga sangat diperlukan agar dapat menjadi pemenang pada kompetisi di era kemajuan teknologi. “Bagaikan barang. Isi dan bungkus haruslah bagus agar menarik para pembeli. Isi bagus kalau bungkus kurang menarik tidak akan dilihat orang. Demikian pula bila bungkus menarik tetapi isi tidak bagus maka orang akan membeli tetapi tidak mengulang lagi,” kelakarnya.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga berpesan kepada para Maba (Mahasiswa Baru) agar jangan sampai terjerumus dalam kegiatan pemakaian obat-obatan terlarang atau narkoba karena akan merusak masa depan bangsa. “Peredaran narkoba telah menyasar kesegala jurusan,” ungkapnya.

Artinya, menyasar ke segala lapisan masyarakat, tua muda, anak-anak, remaja sampai orang tua, pegawai, aparat keamanan, birokrat, guru, dan lain-lainnya.

Selain itu, diharapkan pula para Maba untuk berdisiplin saat berkendara, karena sebagian besar korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas disebabkan tidak adanya kedisiplinan dalam berkendaraan dan sebagian besar adalah para pemuda.

Sementara itu, Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag) Surabaya saat ini adalah Prof. Dr. Drg. Hj. Aju Brahmasari, Dipl. DHE, MPA. Terdapat enam Fakultas di Untag Surabaya, yaitu Fakultas Ilmu Sosial & Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra. Di tahun 2016 menerima mahasiswa baru untuk Strata 1 sebanyak 2.485 orang. (kom)

post-top-smn

Baca berita terkait