Monday, 23 July 2018

Wabup : Pejabat Baru Harus Laksanakan Amanah Sesuai Tupoksinya

post-top-smn
Wabup Buntara saat menjadi Irup pada acara Serah Terima Jabatan Eselon III dan IV

Wabup Buntara saat menjadi Irup pada acara Serah Terima Jabatan Eselon III dan IV

Lumajang, SMN – Pejabat Baru Harus Laksanakan Amanah Sesuai Tupoksinya. Itu terlontar dari Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes pada saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara Serah Terima Jabatan Eselon III dan IV termasuk sejumlah Camat serta Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang yang bertempat Halaman Kantor Bupati Lumajang, Senin (17/7) beberapa waktu yang lalu.

Dalam sambutannya, Wabup Buntaran mengatakan bahwa pelantikan pejabat merupakan kebutuhan organisasi pemerintahan, sedangkan rotasi dan mutasi untuk menyegarkan pejabat yang sudah lama dalam satu posisi. Adapun beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendapatkan promosi dan dilantik ini untuk mengisi berbagai jabatan sesuai amanat regulasi.

“Jangan sampai ada pejabat yang terlalu lama di satu posisi. Hal ini dapat menimbulkan kejenuhan sehingga sulit berkembang karena tanggung jawabnya tak ada perubahan,” katanya.

Untuk itu, ia berharap pejabat baru yang terlantik untuk segera berkoordinasi dan menempatkan diri pada jabatan yang baru dengan melaksanakan amanah sebaik-baiknya serta melaksanakan Tupoksi masing-masing,” katanya.

Ia juga mengatakan penempatan pejabat struktural tersebut berdasarkan hasil uji kompetensi dan pertimbangan yang telah dilaksanakan dan sudah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan beban tugasnya.

“Promosi dan rotasi jabatan ASN adalah hal biasa dan untuk pembinaan karir. Jabatan bukanlah hak ASN tapi merupakan amanah yang dari pimpinan yang dipercayakan kepadanya,” katanya.

Wabup Buntaran juga mengingatkan pejabat yang dilantik jangan sekali-kali mengeluh dalam pelaksanaan tugas dikarenakan keterbatasan personil dan fasilitas lainnya. Pejabat harus semangat untuk dapat memaksimalkan kinerja lebih baik dengan selalu berinovasi.

“Kepada pejabat yang telah dilantik, Pemerintah Daerah akan melakukan evaluasi dan apabila tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik maka jabatan yang diemban akan dipertimbangkan kembali,” katanya.

Untuk itu diharapkan kepada pejabat yang baru agar dapat bergerak cepat, tingkatkan kerja sama dengan pihak terkait dan lakukan koordinasi yang baik sehingga koordinasi tugas tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait