Sunday, 18 November 2018

Untuk Meminimalisir Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Lumajang Melaunching Speed Alarm

post-top-smn

 

Satlantas Polres Lumajang melaunching Speed Alarm.

 

LUMAJANG, SMN – Satlantas Polres Lumajang melaunching Speed Alarm, untuk mengantisipasi keselamatan pengguna jalan, dalam rangka berupaya untuk  meminimalisir angka kecelakaan di wilayah kerjanya.
Launching Speed Alarm yang dilakukan  oleh Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lumajang, pada Senin (2/7), dilakukan dikantor Satpas Polres Lumajang.
Hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Lumajang, Kompol Budi Sulistyanto SH., Ketua Forum LLAJ,  Ir.Agus Widyanto MM Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Lumajang, Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Hendry Ibnu Indarto SH SIK, dan seluruh Kanit dijajaran Satlantas Polres Lumajang.
Pada kesempatan tersebut, hadir pula Kepala TU PPK BPPJN VIII Surabaya, Robbani dan Duta Lalu Lintas Provinsi Jatim 2017, Linda Ayu Efendi.
Dalam sambutannya, Waka Polres Lumajang, Kompol Budi Sulistyanto SH., berharap, dengan adanya program yang sedang di Lounching yaitu Speed Alarm, dapat bermanfaat bagi keselamatan pengguna jalan.
“Dengan adanya program Speed Alarm, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dijalan,” bebernya.
Menurut Wakapolres, bahwa keselamatan para pengguna jalan sangatlah penting, beliau juga berharap agar seluruh masyarakat menjadikan keselamatan berlalu lintas sebagai sebuah kebutuhan, sehingga masyarakat bisa berhati-hati secara personal terhadap keselamatannya sendiri dan orang lain.
“Kami berharap masyarakat bisa menjadikan keselamatan dijalan saat berkendara menjadi sebuah kebutuhan,” imbuhnya.
Disisi lain, Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Hendry Ibnu Indarto SH SIK, juga menjelaskan terkait keunggulan Speed Alarm, yang mana para pengemudi bisa mengetahui kecepatan maksimal kendaraan yang sedang dikemudikannya.
“Pengemudi bakal mengetahui kecepatan maksimal dan laju kendaraan yang dikendarai karena alat Speed Alarm akan berbunyi,” jelasnya kepada media pada Selasa (3/7).
Lounching Speed Alarm ini berkat kerjasama dan kesadaran pemilik Perusahaan Otobus (PO) yang sadar akan pentingnya keselamatan dijalan saat berkendara.
“Pemasangan alat Speed Alarm yang dipasang ditiap kendaraan angkutan umum oleh tiap tiap Perusahaan Otobus, adalah salah satu kesuksesan program ini,” tambahnya.
Menurut Kasat Lantas Polres Lumajang, dari alat Speed Alarm yang sudah terpasang ditiap kendaraan umum, nantinya dapat dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan dijalan.
“Misalnya kendaraan lagi dijalan Tol, dan kecepatan maksimal 100 km/jam, maka ketika laju kendaraan melebihi kecepatan maksimal, Alarm secara otomatis akan berbunyi, sehingga para pengemudi bisa mengurangi kecepatannya,” ungkapnya.
Sementara itu, harapan dari Ketua Forum LLAJ, Ir.Agus Widyanto MM, pihaknya berjanji bakal memperketat aturan penggunaan pembatasan kecepatan berkendara, sehingga penggunaan Speed Alarm dapat bekerja secara maksimal.
“Kedepan akan dibuat Perda pelaksaan pembatasan kecepatan di Lumajang, dan kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait,” pungkasnya. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait