Friday, 20 July 2018

Untuk Jelang Ramadhan Harga Sembako Masih Tetap Setabil

post-top-smn

2016-05-19-23-23-06-1983132890

Pasuruan, SMN – Pada Hari pertama Bulan Ramadhan 1438 H, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Monitoring untuk Harga Sembako, yang tepatnya di Pasar Wonorejo dan Purwosari, Jumat (26/05/2017).

Monitoring tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha bersama Kapolres Pasuruan, AKBP Muhammad Aldian, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Rizal Martomo, dan diikuti sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) seperti Kepala Disperindag, Edi Suwanto, Kepala Dinas Pertanian, Ihwan, Kepala Dinas Satpol PP, Yudha Triwidya Sasangka, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Henis Widayanto, Kabag Perekonomian, Lilik Widji Asri serta para anggota Muspika di Kecamatan Wonorejo dan Kecamatan Purwosari.

Dari pantauan Suara Media Nasional (SMN) di lapangan, Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup bersama rombongannya mengawali monitoring nya di Pasar Wonorejo, kemudian dilanjutkan ke Pasar Purwosari. Sasaran utamanya untuk pedagang adalah penjual daging, beras sampai minyak goreng hingga pedagang cabai. Dan dari semua para pedagang yang ada di dua pasar tersebut ditemui, untuk mengkroscek harga kemarin sama harga sekarang. Akan tetapi untuk rata-rata harganya masih sama dengan hari yang kemarin.

“Kebetulan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf sudah memberitahu saya dan memberikan mandat, bila ada kenaikan yang sangat signifikan, kami harus mencarikan langkah supaya masyarakat dapat menjangkaunya. Dan Sukur Alhamdulillah untuk was-was kita tidak sampai terjadi untuk kenaikan harga tersebut. Semua bahan pokok rata-rata masih stabil,” ucap Wakil Bupati Pasuruan.

Lebih lanjut Riang Kulup menjelaskan, untuk harga beras bengawan masih tetap bertahan di harga Rp 10.000/kg, gula  pasir dengan harga Rp 12.000/kg, minyak goreng curah di kisaran Rp 11.500/kg, daging sapi murni seharga Rp 110.000/kg, daging ayam broiler dengan harga Rp 30.000/kg. Begitu juga dengan harga telur ayam yang tidak mengalami kenaikan, yaitu masih seharga Rp 20.000/kg, kemudian bawang putih seharga Rp 40.000/kg, serta cabai rawit dengan harga Rp 50.000/kg, cabe besar dengan harga Rp 30.000/kgnya dan kemudian bawang merah yang mengalami penurunan harga dari Rp 30.000 menjadi Rp 25.000/kg.

Dari kedua pasar yang dikunjungi, tidak ditemukan pedagang yang menimbun barang. Begitu juga dengan stok kebutuhan jelang ramadhan dan kenaikan harga untuk sembako, seluruhnya masih aman. Tutur Gagah, Pemkab Pasuruan akan menggelar Pasar Murah Ramadhan yang akan dimulai pada tanggal 29 Mei di Kecamatan Nguling dan diikuti 10 titik di Kecamatan yang lainnya. Tujuannya tak lain hanya untuk mempermudah masyarakat yang ingin membeli kebutuhan sembako dengan harga murah di bawah harga pasar.

“Kita pastikan untuk harga sembako yang kita jual dengan harga di pasaran lebih murah antara sampai Rp 1000 atau Rp 5000. Maka dari itu jangan lupa untuk memanfaatkan Pasar Murah Ramadhan yang akan kita laksanakan atau kita gelar di 10 titik di setiap Kecamatan, dan akan kita mulai pada tanggal 29 Mei 2017 ini,” imbuhnya. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait