Thursday, 22 November 2018

Uji Terampil Glagaspur Resmi Dimulai Hari ini

post-top-smn
Pembukaan

Pembukaan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat I (P-1 L-1) dan Tingkat II (P-2 L-2) Lantamal V dan Jajarannya

Surabaya, SMN – Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspus) Pangkalan Tingkat I (P-1 L-1) dan Tingkat II (P-2 L-2) Lantamal V Surabaya, resmi dimulai hari ini yang dibuka Asisten Operasi Komandan Lantamal V Surabaya, Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V, Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto di Gedung Serba Guna Mako Lantamal V, Rabu (7/12).

Uji keterampil bagi prajurit Lantamal V dan jajarannya yang direncanakan berlangsung 7-23 Desember ini, dimaksudkan untuk melihat hasil pembinaan satuan, menyamakan persepsi, dan keterampilan personil masing-masing sesuai standarisasi latihan di TNI AL.

Danlantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Asops danlantamal V mengatakan, bahwa kegiatan ini untuk mengetahui seberapa besar hasil pembinaan latihan pangkalan dan untuk meningkatkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas pokok.

“Sebelum pelaksanaan uji terampil Glagaspur, jauh sebelumnya seluruh prajurit yang terlibat diberikan bekal materi latihan, sehingga ketika diuji oleh tim, mereka semua mengerti dan paham tentang materi tersebut,” terang Danlantamal V.

Sementara tujuan dari Uji Terampil ini lanjutnya untuk meningkatkan kemampuan perorangan maupun satuan prajurit dalam melak¬sa¬nakan tugas-tugas pokok. Ia berharap, agar dalam pe¬laksanaan uji terampil, pra¬jurit tidak berpatokan pada penilaian saja.

Menurutnya, uji terampil harus dibe¬kali dengan prosedur tetap atau standarisasi latihan TNI AL, guna menyamakan persepsi keterampilan masing-masing personel Lantamal V maupun jajaran Lantamal V.

Sedangkan materi latihan yang dilatihkan antara lain seperti P5T yang meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dalam Dinas (PDD) Khas TNI AL dan Tata Upacara Militer (TUM).

Selain P5T, juga digelar latihan menembak menggunakan senjata laras panjang maupun pendek, bongkar pasang senjata, renang, Penindakan Huru Hara (Dhakura), Pertahanan Pangkalan (Hanlan), bahaya kebakaran dan penanganan medis.

Ada juga beberapa materi seperti uji keterampilan kecakapan pelaut, seperti tali temali, peluit, komunikasi baik sinar optis maupun semaphore, prosedur penghentian dan pemeriksaan serta penggeledahan. (hjr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait