Monday, 22 October 2018

Tulungagung Gencar Tanam Pohon

post-top-smn
Kegiatan menanam pohon di kawasan wisata Kedung Tumpang

Kegiatan menanam pohon di kawasan wisata Kedung Tumpang

 

Tulungagung, SMN – Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, MSi kembali melaksanakan gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2016.

Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan Tim PKK Kabupaten Tulungagung ini, dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Kedung Tumpang Kecamatan Pucanglaban, Kamis (1/12).

Upaya melestarikan alam kembali diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung, hal ini didasari oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, MSi mengatakan, seluruh SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, BUMN, BUMD, BUMS, Perguruan Tinggi, LSM, Organisasi Wanita, Camat, Kepala Desa dan seluruh lapisan masyarakat Tulungagung hendaknya dapat menindaklanjuti kegiatan yang telah dilakukan, untuk selanjutnya melaksanakan gerakan penanaman pohon di wilayah masing – masing.

Ia menyatakan, menanam pohon mempunyai banyak manfaat, antara lain menambah tutupan lahan, mencegah terjadinya bencana banjir, longsor di musim hujan, kekeringan dan kebakaran di musim kemarau, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbondioksida di atmosfir untuk antisipasi dampak perubahan iklim dan ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energy dan ketersediaan air untuk kesejateraan masyarakat.

Selain itu Bupati, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan Hari Menanam Pohon di Kabupaten Tulungagung.

Dengan suksesnya acara tersebut sepanjang tahun diharapkan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tulungagung,” Imbuh Bupati .

Uniknya, kegiatan Hari Menanam Pohon kali ini dilakukan di kawasan Pantai Kedung Tumpang, yang merupakan ikon wisata baru di Tulungagung.

“Harapannya agar nantinya kawasan wisata ini kedepannya lebih hijau dan lebih asri, sehingga wisatawan lebih betah disini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dishutbun Kabupaten Tulungagung Tatang S. mengatakan, digelarnya kegiatan Hari Menanam Pohon ini adalah Sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh masyarakat Tulungagung akan pentingnya menanam dan memelihara pohon dan tebar benih ikan, Selain itu dengan Gerakan ini diharapkan mampu menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah longsor dan banjir dimusim hujan, serta penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan dapat menyerap karbon dioksida (CO2).(hms/adv/yas)

post-top-smn

Baca berita terkait