Saturday, 20 October 2018

Tingkatkan Layanan, UINSA Akan Bangun Kampus II

post-top-smn

logo-uinsa Surabaya, SMN – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berencana membangun Kampus II yang berlokasi di Wilayah Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan dan penunjang aktivitas akademik.

Rektor UINSA, Prof Abd A’la mengatakan pasca renovasi pembangunan tahap I kampus di Jalan Ahmad Yani Nomor 117, tahun 2017 rencana pembangunan tahap II tersebut terealisasi melalui dana pinjaman dari Islamic Development Bank (IDB).

“Tim IDB dari Jeddah secara khusus sudah datang ke UINSA, dalam rangkaian kunjungan membahas IDB Project Appraisial, The Development and Improvement of Three Islamic Higher Education Institutions,” terangnya, Rabu (30/11).

Saat ini, sambung Prof Ala, pendaftar di UINSA sekitar 400 ribu mahasiswa, namun yang bisa diterima hanya berkisar 4000 hingga 4500 mahasiswa. Kedepan, pihaknya yakin setelah kerjasama ini berlangsung bisa menerima lebih dari 10.000 mahasiswa.

Lebih lanjut, ia menjelaskan melalui dana pinjaman tahap I senilai US$ 42 Juta dari IDB terealisasi pembangunan gedung Twin Tower yang telah menjadi ikon baru UINSA. Selain itu, dana tersebut juga berjasa membangun beberapa sarana pendidikan lainnya, seperti masjid, Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Laboratorium, dan Sport Centre and Multipurpose.

Sementara untuk dana pinjaman tahap II yang direncanakan mencapai US$ 50 juta akan digunakan untuk pembangunan Gedung Fakultas Non Islamic Studies di kampus II UINSA. Kendati dengan pembangunan tahap II nantinya akan ada peningkatan signifikan pada penerimaan mahasiswa baru, namun Prof A’la menyatakan tidak akan berpengaruh pada penetapan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa.

“Di UINSA, penentuan UKT berdasarkan survey lapangan. Mahasiswa yang kurang mampu menjadi sasaran program penentuan UKT, bahkan ada yang nol persen,” pungkasnya. (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait