Monday, 17 December 2018

Tim Verifikasi Lakukan Penilaian Kabupaten Sehat

post-top-smn

blitar kabupaten Blitar, SMN – Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat berkunjung ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Blitar, Kunjungan tersebut dalam mewujudkan Kabupaten Blitar sebagai Kabupaten Sehat. kedatangan tim verifikasi melakukan kunjungan di kecamatan udanawu adalah untuk mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh Forum Kabupaten Sehat. “Intinya kabupaten sehat itu pembangunan secara keseluruhan mengarah kepada pembangunan sehat dan berwawasan sehat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menargetkan pernghargaan Swasti Saba wiwerda atau Kabupaten Sehat tingkat nasional tahun ini. persiapan telah dilakukan sematang mungkin untuk memperoleh penghargaan tersebut. Program ini sejatinya untuk mendorong agar warga yang sehat, bisa seterusnya tetap sehat, kegiatan ini bukan sekedar untuk mendapatkan predikat atau penghargaan. Yang lebih penting adalah pemerintah setempat mampu mengimplementasikan kabupaten sehat.

Purnomo selaku ketua forum menyampaikan untuk Kecamatan Udanawu ada 6 Desa yang akan di lakukan penilaian diantaranya adalah desa mangunan,desa ringinanom,desa jati,desa besuki,desa bakung dan desa slemanan, poin yang harus diperhatikan diantaranya masyarakat yang sehat harus dua kali lipat dari yang sakit, serta kebersihan lingkungan, baik lingkungan masyarakat, kantor dan juga fasilitas umum lainnya dan tentu perilaku warga untuk hidup sehat.

Menurutnya, Kabupaten Blitar terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Beberapa program diantaranya; peningkatan sarana dan prasarana pelayanan, peningkatan peran serta masyarakat.Dengan motto, kabupaten Blitar sehat yang SIMPATIK (sehat, Indah, Nyaman, Aman dan patriotik), Ini akan sangat memacu masyarakat Kabupaten Blitar untuk terus meningkatkan kualitas hidup sehat, meskipun diakui sangat sulit membentuk masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Sedangkan tujuan penyelenggaraan Kabupaten Sehat ini agar tercapainya kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan ditempati bagi warganya dengan melaksanakan program kesehatan.(mam/kes/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait