Monday, 18 June 2018

Tilik Desa Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni di Desa Siwalan, “One Vilage One Product”

post-top-smn
Foto1: Bupati Ponorogo H.IpongMuchlissoni saat menandatangani BumDes Nirwana yang disaksikan kepala desa Siwalan H. Abdul Roziq Yusuf, Sekda Agus Pramono,Wabup H.Sudjarno dan Forpimka kecamatan Mlarak.

Bupati Ponorogo H.IpongMuchlissoni saat menandatangani BumDes Nirwana yang disaksikan kepala desa Siwalan H. Abdul Roziq Yusuf, Sekda Agus Pramono,Wabup H.Sudjarno dan Forpimka kecamatan Mlarak.

Ponorogo, SMN – Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni dalam melaksanakan program pemerintahannya “Ponorogo Berbenah menuju Ponorogo yang Berkemajuan, Berbudaya dan Religious,” Diawali dengan melakukan kegiatan tilik desa yang telah diagendakan dalam jadwal setiap seminggu sekali tepatnya hari Jumat, dibarengi dengan Shalat Subuh berjamaah dan senam kesehatan jasmani bersama semua SKPD di Aloon-Aloon Ponorogo. Desa yang akan dikunjungi bergiliran kedepan seluruhnya berjumlah 306 desa, dengan tujuan bersilaturahmi,mendekatkan antara pemimpin dan rakyatnya serta meresmikan badan usaha milik desa (BumDes) dan melihat potensi desa yang bisa dikembangkan sebagai one village one product, juga mengontrol sejauh mana kemajuan-kemajuan desa di Ponorogo,ujar bupati Ipong dalam sambutannya saat melaksanakan tilik desa di desa Siwalan yang diawali dengan penanaman jambu Siwalan dan penandatanganan peresmian Bumdes Nirwana yang dihadiri Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni, Wakil Bupati H.Sudjarno, Sekda Agus Pramono, semua SKPD terkait, Kepala desa Siwalan Abdul Roziq Yusuf dan segenap masyarakat serta undangan yang hadir pada hari jumat 20/01 kemarin.

Bupati yang juga pengusaha sukses ini juga meyampaikan, pihaknya akan berdialog bersama masyarakat sebagai sarana untuk menjalin komunikasi secara langsung guna mengetahui keinginan masyarakat serta menyerap aspirasi-aspirasi yang akan disampaikan kepada Bupati, serta melihat potensi-potensi desa yang bisa dikembangkan sebagai modal dalam membentuk badan usaha milik desa (BumDes) yang terkait erat dengan program unggulan “One Vilage,One Product” sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, ujarnya.

Lebih dari pada itu juga memaparkan, Dirinya akan terus mendorong berjalannya program-program yang lain seperti penggunaan pupuk organik, memperjelas progress bantuan dana 300 juta /desa/tahun untuk jalan poros desa, 25 juta/Bumdes dan 6 juta/ posyandu untuk lansia maupun balita serta memastikan pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan berjalan dengan baik, paparnya. “Tugas kita sebagai Pemerintah menjembatani keinginan masyarakat, dan kita sesuaikan dengan program,karena pemerintah bekerja sesuai dengan program yang ada,” urainya. “Untuk BumDes tidak pasti 25 juta, bisa tambah bisa juga kurang, bahkan bisa juga gak dapat, semua itu dilihat dari perkembangan BumDes,” Pungkas Ipong.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Kepala desa Siwalan Abdul Roziq Yususf mengungkapkan, Pihaknya merasa senang dan sangat berterimakasih dengan kehadiran bapak bupati H.Ipong Muchlissoni yang telah lama dinanti-nanti dan sangat diharapkan di desa Siwalan selama ini, dengan kehadiran bupati ke desa Siwalan, masyarakat bisa menjadi semakin dekat dan bisa menyampaikan aspirasi-aspirasi yang selama ini telah menjadi uneg-unegnya, sehingga masyarakat merasa lega dengan dialog langsung antara masyarakat dengan pemimpinnya, katanya. Roziq juga menjelaskan, terkait dengan badan usaha milik desa (BumDes) dengan nama Nirwana di desa Siwalan sudah berjalan diantaranya ternak ayam, pasar buah jambu dan sirkaya. Untuk jambu dan sirkaya pada tahun 1960 sampai dengan 1980 Siwalan terkenal dengan kota jambu dan sirkaya, “Buah inilah yang akan kami harapkan sebagai one village one product”, Harapnya, dan untuk buah naga sebagai tanaman kesehatan masyarakat ditanam disetiap tepi ruas jalan di sepanjang area desa Siwalan, urainya.

Kepala desa yang terkenal dengan keramahannya itu juga sangat mendukung program organik pemkab Ponorogo dan berharap bisa mempunyai gapoktan pupuk organik dan pasar buah organik, disamping itu pihaknya juga berharap untuk bantuan KopWan, penambahan alokasi dana desa (ADD) dan air waduk bisa mengaliri persawahan desa Siwalan,pasalnya setiap musim kemarau tiba desa Siwalan sering kali terjadi kekeringan, serta kehadiran Bupati bersama rombongan diharapkan membawa berkah untuk masyarakat desa Siwalan. (hms/adv/Wied)

post-top-smn

Baca berita terkait