Friday, 25 May 2018

Tidak Mendapatkan Haknya, Sunarsih Laporkan Dewi Secara Pidana

post-top-smn

ki-ka, Suhartoyo, Kades Patebon dan Dewi di dampingi keponakannya.

Pasuruan, SMN – Sengketa tanah peninggalan alm. Amir, warga desa Patebon, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, akhirnya berbuntut panjang. Setelah mediasi yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Kejayan pun tidak menghasilkan titik temu alias buntu.
Sunarsih, adik satu-satunya alm. Amir yang merupakan ahli waris tunggal selaku penggugat pun geram ketika Dewi si penerima hibah selaku tergugat tetap bersikukuh mempertahankan harta yang telah diterimanya.

Bermula dari terbitnya akta hibah PPATS Kecamatan yang di duga keras cacat hukum karena tidak melibatkan Sunarsih selaku ahli waris tunggal sebagai saksi dalam akta hibah tersebut. Di dampingi kuasa hukumnya dari LBH TNT, Sunarsih mengatakan bahwa dia berhak atas tanah peninggalan alm. Amir dan apabila Dewi tetap bersikukuh mempertahankan semua harta peninggalan alm. Amir maka melalui kuasa hukumnya, Sunarsih akan menggugat Dewi baik secara Perdata maupun Pidana.

Menanggapi pernyataan Sunarsih, Camat Kejayan, Suhartoyo pada media ini mengatakan bahwa sudah dua kali dari pihak Kecamatan telah berupaya menjembatani secara kekeluargaan tapi tidak adanya titik temu terkait harta peninggalan alm. Amir, Suhartoyo pun menyarankan agar sengketa ini di lanjutkan ke meja hijau.

Ditemui secara terpisah, salah satu kuasa hukum Sunarsih, Hanan Damai mengatakan bahwa dia sudah melaporkan Sekdes Patebon atas dugaan pemalsuan data/ keterangan palsu sesuai KUHPidana pasal 266 ke Polsek Kejayan, serta Dewi atas dugaan Penyerobotan tanah KUHPidana pasal 385. Lebih lanjut Hanan menjelaskan bahwa sebelum akta hibah yang di duga aspal tersebut terbit, Dewi sudah menyewakan sawah atau memindahkan ke orang lain tanpa sepengetahuan Sunarsih sebagai ahli waris tunggalnya.

Sependapat dengan apa yang sudah di uraikan oleh Hanan Damai pada media ini, pihak kepolisian sektor Kejayan melalui penyidiknya mengatakan bahwa akan segera memanggil sekertaris desa Patebon karena statusnya sudah di tingkatkan sebagai tersangka. (Tim)

post-top-smn

Baca berita terkait