Monday, 18 June 2018

Teten Masduki: Perusahaan Platform Wajib Cabut Informasi Hoax dalam Waktu 24 Jam

post-top-smn

hoax Gambir, SMN – Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengungkapkan, pemerintah sedang menggodok aturan untuk menyikapi lalu-lalangnya informasi bohong alias hoax di media sosial.

Dari wacana yang digulirkan, di antaranya adalah keharusan perusahaan platform mencabut informasi hoax, fitnah, dan semacamnya.

“Perusahaan platform harus mau mencabut info hoax, fitnah, dan lain-lain dalam waktu 24 jam. Kemudian, ada denda dan komitmen bersama antara pemerintah dengan perusahaan platform,” kata Teten di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Teten menjelaskan, pemerintah memiliki model untuk melakukan itu, yakni dari Jerman. Di Jerman, kata Teten, pemerintahnya memberlakukan aturan perusahaan platform harus mencabut informasi yang sifatnya hoax di media sosial dalam waktu 24 jam.

“Ada regulasi yang bisa memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk mendenda platform seperti Google, Facebook, dan lain-lain, kalau mereka mengakomodir berita-berita hoax,” tutur Teten.

“Jerman negara demokrasi yang sudah maju, mengatur medsosnya bukan untuk merepresi, mengurangi demokrasi. Tapi justru untuk kualitas demokrasinya semakin baik,” imbuh Teten.

 

 

Sumber: Warta kota

post-top-smn

Baca berita terkait