Wednesday, 17 October 2018

Tata Fasilitas Publik, Tangerang Revitalisasi Sejumlah Tugu

post-top-smn
Salah satu Tugu dikota Tangerang

Salah satu Tugu dikota Tangerang

Tangerang, SMN – Keberadaan sebuah tugu menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi suatu perkotaan. Tugu bisa menjadi landmark atau fasilitas publik tersendiri.

Untuk itu, banyak pemerintah daerah yang mulai memperhatikan keberadaan tugu untuk ruang publik sekaligus melestarikan lokalitas daerah.

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang, yang melakukan revitalisasi terhadap enam tugu di pusat kotanya.

Kepala Bidang Pertamanan, Tihar Sopian di Tangerang, Jumat, mengatakan, enam tugu tersebut terletak di Jalan Hasyim Ashari, KS Tubun, Jalan Otista, Rawa Bokor dan Cipadu.

Setiap tugunya di tata sesuai dengan kultur setiap wilayah. Seperti halnya ada yang dibuat miniatur Kubah untuk di Jalan Hasyim Ashari, Bokor Mas untuk di Rawabokor hingga Vertikal Garden.

Pihaknya melibatkan peran serta masyarakat dalam proses penataan sebagai bentuk gagasan yang bisa menggambarkan kondisi daerah.

Meski sebagai kota seribu industri dan sejuta jasa, namun 13 kecamatan di Kota Tangerang memiliki kultur dan ciri khas masing – masing.

Diharapkan, dengan adanya revitalisasi tugu ini sebagai bentuk penataan fasilitas publik dan menjadi ikon bagi Kota Tangerang.

“Revitalisasi tugu ini pun bagian dari upaya kota tangerang sebagai kota layak dikunjungi karena menyediakan fasilitas publik yang unik dan kreatif serta ruang terbuka hijau,” paparnya.

Hingga kini, proses revitalisasi atau penataan tugu masih berjalan dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun.

Kedepannya, penataan pun akan dilakukan di lokasi lainnya seperti ruang terbuka hijau maupun taman – taman tematik yang ada.

“Keberadaan taman di pusat kota telah menjadi tempa rekreasi bagi keluarga di tengah kesibukan pekerjaan,” ujarnya.

post-top-smn

Baca berita terkait