Sunday, 18 November 2018

Tarif Langganan PDAM Lamongan Naik

post-top-smn

Tarif langganan air minum di Lamongan dinaikkan mulai bulan Oktober tahun ini. Hal ini dikatakan Ali Mahfudi, Direktur PDAM Lamongan dengan alasan banyaknya biaya yang tengah dibutuhkan PDAM Lamongan saat ini.

LAMONGAN, SMN – Tarif langganan air minum di Lamongan dinaikkan mulai bulan Oktober tahun ini. Hal ini dikatakan Ali Mahfudi, Direktur PDAM Lamongan dengan alasan banyaknya biaya yang tengah dibutuhkan PDAM Lamongan saat ini. “Selama ini kita bisa dikatakan masih merugi dan sebenarnya tarif langganan yang akan dinaikkan pun masih jauh dari ketentuan Pemendagri 71/2016,” tutur Ali Mahfudi. Kamis (4/10).

Kenaikan tarif yang dikenakan pada pelanggan PDAM ini direncanakan untuk menutup biaya kenaikan listrik dan penjernih air. Ali mahfudi mengharap para pelanggan PDAM di Lamongan akan maklum dan tidak komplain. “Kenaikan ini tak bisa kami tolak karena PDAM butuh biaya perbaikan atau cost recovery,” katanya.

Target pemasukan PDAM Lamongan pun, masih menurut Ali Mahfudi masih perlu dikejar, demikian juga dengan pelayanan PDAM baru tercapai sekitar 30 persen. Pembayaran penggunaan air sekitar 20 meter kubik, menurut Ali hanya akan menjadi Rp 39 ribu. PDAM Lamongan hanya menaikkan tarif sekitar Rp 450 sampai dengan Rp 1000 per meter kubik. “Coba diperbandingkan dengan ketentuan Permendagri 71/2016 yang menetapkan sebesar Rp 74 ribu untuk penggunaan yang sama,” ungkapnya.

Naiknya tarif  PDAM menurut sebagian pelanggan, bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan apalagi dengan angka kenaikan yang tidak besar. Pemberlakuan kenaikan pada Oktober, otomatis akan dibayar pelanggan pada bulan Nopember mendatang. “Tapi bagi saya, kenaikan tidak masalah asalkan pelayanan baik, air lancar dan memuaskan,” ungkap Cak Mad, warga Kalibumbung, Lamongan.

Cak Mad menuturkan, selama beberapa bulan ini, dia merasa kesulitan mendapatkan air bersih, Sumber air tidak mengalir meskipun sudah memasang pompa dan aliran PDAM juga kurang lancar. “Ini yang kami keluhkan, kalau soal naikkan tarif ya tolong diimbangi dengan kualitas pelayanan yang lebih baik,’ ujarnya. (AQ)

post-top-smn

Baca berita terkait