Sunday, 22 July 2018

Tahun 2016 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Telah Menunjuk 5 Sekolah Terbaik

post-top-smn

2017-05-27-15-33-42-1259218183 Pasuruan, SMN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Tahun 2016 silam telah menunjuk 5 sekolah di Kabupaten Pasuruan,adalah sebagai Sekolah rujukan atau Sekolah percontohan yang patut dicontoh oleh Sekolah-sekolah lainnya.

Dalam penunjukkan tersebut bukan hanya sekedar menunjuk secara langsung, akan tetapi melalui proses survey dan verifikasi terhadap sekolah-sekolah yang telah memenuhi persyaratan.

Untuk 5 sekolah yang telah berhasil dan membawa Nama harum Kabupaten Pasuruan adalah, SDN Kiduldalem I Bangil, SMPN 2 Pandaan, SMKN I Bangil, SMKN I Purwosari, dan SMAN I Pandaan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Drs.H. Iswahyudi. M.Pd, menjelaskan, dari ke Lima sekolahan tersebut, adalah sekolah rujukan yang merupakan sekolah bermodel lembaga pendidikan, unggul dalam prestasi akademik dan berkarakter yang sangat kuat, dimana untuk sekolah tersebut adalah merupakan kerjasama antara Kemendikbud dengan Dispendik Jatim.

Dan sekolah tersebut, layak jadi percontohan bagi sekolah-sekolah yang lain, bila sekolahan yang kita kelolah ingin maju,” jelas Iswahyudi.

Lebih lanjut Iswahyudi, menjelaskan untuk persyaratan sekolah, bila sekolahnya ingin maju dan ingin ditunjuk sebagai sekolah rujukan antara lain, untuk sekolah telah melaksanakan K13, berakreditasi A, nilai ujian nasional siswa diatas rata-rata nasional, melaksanakan Ujian Nasonal Berbasis Komputer (UNBK), dan untuk nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) harus diatas rata-rata. Sarana dan prasarana sekolah harus memadai, prestasi peserta didik di bidang akademik maupun non akademik harus 8 dan standar nasional pendidikan yang harus dimiliki oleh setiap sekolah,” tegasnya.

Iswahyudi menambahkan, bagi sekolah rujukan bukan sekolah yang sangat mahal, meskipun ada tarikan atau biaya untuk hal lainnya yang dibebankan kepada siswa, itu semua telah melalui kesepakatan bersama dan komunikasi dengan wali murid.

“Pemerintah pusat juga telah mendukung untuk progam sekolah rujukan, dan pemerintah juga telah menyiapkan anggaran khusus, baik anggaran dari APBD maupun APBN untuk disetiap sekolah rujukan mendapatkan mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 1 miliar,” Pungkasnya. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait