Tuesday, 25 June 2019

Strategi Promosi Bisnis Modal Kecil Melalui Blogger

post-top-smn

Oleh: Edit Suwantara, SE

(Klinik UMKM Kota Kediri-Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri)

Edit Suwantara, SE

Edit Suwantara, SE

SETELAH menentukan target market untuk bisnis dengan modal kecil, Anda harus langsung memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis tersebut. Mengembangkan bisnis dengan modal kecil memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan kejelian dan strategi yang matang agar berhasil mempromosikan bisnis modal kecil milik Anda. Namun Anda tak perlu khawatir, Anda dapat mempromosikan bisnis modal kecil Anda dengan menggunakan media online dan bekerja sama dengan blogger.

“Bagaimana cara melakukannya? Saya tidak punya teman blogger dan kegiatan marketing seperti apa yang bisa dilakukan melalui kerja sama dengan pemilik blog??”

Caranya sangat mudah! Kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan blogger outreach. Blogger outreach adalah kegiatanmarketing yang dilakukan melalui blog yang memiliki target market sama seperti target market Anda. Dengan melakukan kegiatan marketing ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut:

  • Memungkinkan para blogger untuk menyukai produk atau jasa yang Anda miliki sehingga ia dengan senang hati mempromosikannya melalui blog yang dimilikinya
  • Anda akan mendapatkan feedback yang berharga sebagai masukan untuk mengembangkan usaha Anda.
  • Anda berkesempatan untuk menambah keutungan dan juga menjalin hubungan baik jangka panjang dengan para blogger.

Untuk merasakan berbagai keuntungan tersebut, tentunya Anda sebagai pemilik bisnis modal kecil harus melakukan berbagai cara untuk dapat menghubungi blogger. Berikut adalah 3 langkah mudah untuk menjalin hubungan yang baik dengan para blogger.

 

Langkah 1: Temukan Minimal 20 Blog yang Menjangkau Target MarketAnda

Untuk menemukan blog yang sesuai dengan kebutuhan marketing Anda, maka Anda harus menemukan beberpaa blog yang memiliki audience yang sama dengan target market Anda. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti:

  • Gunakan search engine

Gunakan search engine seperti Google untuk mencari blog yang Anda butuhkan. Anda bisa menggunakan Google Blog Search untuk mencarinya. Caranya cukup mudah, Anda dapat menggunakan keywords seperti “reviewrestoran baru” dan “blog makanan enak” jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner.

  • Cari melalui media sosial

Anda bisa mempromosikan bisnis modal kecil dengan menggunakan topik terhangat yang dapat dicari melalui berbagai akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Youtube atau bahkan kaskus.

  • Cek percakapan lama Anda

Jangan lupa untuk mengecek percakapan lama Anda dengan teman ataupun saudara ketika sedang membicarakan topik seputar bidang bisnis modal kecil yang Anda jalankan. Siapa tahu Anda menemukan beberapa nama blogatau blogger yang direkomendasikan mereka.

 

Langkah 2: Jalin Hubungan dengan Blogger yang Masuk dalam List Anda

Ingin mendapatkan kesempatan untuk menjalankan kegiatan marketingmelalui blog mereka? Tentunya Anda harus menjalin hubungan yang baik terlebih dahulu. Mungkin akan aneh jika Anda langsung mengirimkan email tawaran bekerja sama. Anda dapat memulai perkenalan melalui kegiatan seperti:

 

  • Memberi komentar pada beberapa postnya

Anda dapat memberi komentar pada beberapa postnya sehingga ia mendapatkan notifikasi dan langsung dapat berkomunikasi dengan Anda.

  • Retweet atau share link posting melalui media sosial

Sebarkan beberapa posting dari blog yang Anda anggap bagus dengan menggunakan strategi promosi media sosial sehingga mereka mengetahui bahwa Anda mengapresiasi postingan mereka dengan menyebarkan linknya.

  • Beri komen pada FB Page

Ramaikan kolom komentar pada FB Page blog tersebut sehingga nama Anda semakin dikenal oleh blogger tersebut.

  • Lanjutkan komunikasi tahap berikutnya

Jika Anda sudah semakin dekat dengan blogger dengan cara-cara tersebut, maka Anda dapat langsung menuju tahap komunikasi berikutnya, yaitu mengirimkan tawaran kerjasama melalui email.

 

Langkah 3: Kirim Email kepada Pemilik Blog yang Masuk dalam List Anda

Selain untuk meningkatkan angka penjualan, mengirim email adalah salah satu cara komunikasi yang paling jitu untuk mendekatkan Anda denganblogger. Maka dari itu, pastikan email yang Anda kirimkan sudah cukup baik sehingga Anda berhasil melakukan blogger outreach. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan email kepada blogger:

  • Beri penjelasannya secara garis besar

Jangan memberi penjelasan terlalu panjang pada email yang dikirimkan karena blogger terntunya mendapatkan banyak email setiap harinya. Sehingga dengan mengirimkan email yang padat dan singkat, blogger akan merasa lebih mudah dalam mengerti pesan Anda.

  • Jangan terlalu ‘jualan’

Dalam email yang dikirimkan kepada blogger, Anda bisa mengajak mereka untuk datang dan mencoba menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki sehingga mereka dapat memberikan feedback yang bermanfaat untuk Anda. Dengan cara tersebut, Anda bisa melihat apakah mereka tertarik dengan perusahaan Anda atau tidak.

  • Berikan ia 1 atau 2 keuntungan

Berikan blogger keuntungan jika ia mengikuti pesan yang Anda berikan pada email. Misalnya dengan menjelaskan keuntungan dari menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki sehingga mereka penasaran dan ingin mencoba serta merasakan sendiri produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Tutup email dengan call-to-action

Agar dapat menyampaikan tujuan utama pengiriman email, Anda dapat menutup email dengan mengajak blogger untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnis Anda atau langsung mengajaknya untuk berkunjung atau menghubungi Anda .

Tiga langkah sederhana tersebut dapat membimbing Anda untuk melakukanblogger outreach dengan sukses. Namun, tetap saja ada hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum memulai segala kegiatan marketing. Salah satunya adalah memastikan bahwa desain-desain yang digunkan untuk keperluan publikasi bisnis Anda sudah baik. Desain logo dan desain maskot pada bisnis modal kecil menjadi sangat penting karena logo dan maskot akan digunakan terus menerus selama kegiatan marketing berlangsung.

Bagi Anda pemilik bisnis modal kecil dan ingin melakukan kegiatan blogger outreach , ada baiknya jika Anda menggunakan jasa desain profesional yang mampu mendesain logo dan maskot yang melambangkan visi dan misi perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa desain dari Sribu.com, Anda akan mendapatkan puluhan hingga ratusan alternatif desain logo dan maskot dalam waktu singkat dan dengan harga yang terjangkau sehingga Anda akan terhindar dari berbagai desain logo yang menimbulkan kesalahpahaman. Segera hubungi Sribu.com untuk pemenuhan kebutuhan desain Anda.

 

Strategi Marketing Mudah dan Jitu untuk Usaha Rumahan 2014

Bagi Anda pemilik usaha rumahan, ada banyak kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk Anda. Ada 2 jenis strategi marketing yang cocok untuk dijalankan secara bersamaan , yakni melalui kegiatan marketing online dan kegiatan marketing offline. Dengan 2 metode strategi yang dapat dijalankan bersama ini Anda dapat mewujudkan strategi marketingyang baik untuk usaha rumahan Anda.

 

  1. MarketingBisnis Online

Dengan menjalankan kegiatan marketing online seperti website, blog, email dan media sosial, Anda dapat meningkatkan angka penjualan offline usaha rumahan Anda. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya:

  • Kembangkan Website yang Profesional

Jika Anda menggunakan media online untuk kegiatan pemasaran usaha rumahan Anda, Anda harus memiliki website dengan tampilan profesionalsehinga secara tidak langsung menunjukkan kredibilitas usaha rumahan yang Anda jalankan juga.

  • Gunakan Jaringan Sosial

Anda juga dapat berinteraksi dengan target market serta pelanggan Anda melalui email. Namun, jika target market dan pelanggan Anda merupakan golongan tech-savvy, Anda dapat menggunakan media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Twitter.

  • Buatlah Blog

Melalui kegiatan blogging yang berisikan berbagai artikel yang berhubungan dengan usaha rumahan yang sedang Anda jalankan. Anda juga dapat melakukan guest blogging dengan blogger yang memiliki audience yang sama dengan target market Anda.

  • Kirimkan e-Newsletter

Anda dapat menggunakan e-Newsletter agar tetap dapat berkomunikasi dengan target market maupun pelanggan Anda. Dengan menggunakan e-Newsletter, Anda dapat memberikan informasi terkini seputar usaha rumahan Anda dan juga berbagai promo yang sedang berlangsung pada saat itu

  • Beriklan Secara Online

Beriklan adalah salah satu kegiatan marketing yang sudah tak bisa diragukan lagi keefektifannya. Pasang iklan usaha rumahan Anda di dunia maya dan pastikan iklan yang disebarluaskan tepat sasaran dan menarik di mata target market.

  • Pastikan Bisnis Anda terdaftar dalam Direktori Online

Sebagai petunjuk bagi pelanggan baru usaha rumahan Anda, Anda dapat menggunakan Yahoo local dan Google Site untuk memberi tanda lokasi usaha rumahan Anda.

 

  1. Marketing Bisnis Offline

Jika Anda sudah menjalankan kegiatan marketing secara online, jangan lupa untuk menjalankan juga kegaitan marketing offline. Kegiatan marketing offline memang terlihat konvensional, tetapi Anda tidak dapat meragukan keefektifannya. Berikut adalah kegiatan marketing offline yang bisa diterapkan pada usaha rumahan Anda.

  • Buatlah Demo atau Seminar

Anda dapat menyampaikan berbagai hal seputar bisnis yang Anda jalankan kepada target market di luar sana dengan men-demo-kan produk maupaun jasa yang ditawarkan melalui usaha rumahan Anda. Anda juga dapat merencanakan kegiatan seminar yang membicarakan seputar bidang usaha rumahan yang Anda jalankan.

  • Kembangkan Berbagai Jenis Perlengkapan Marketing dalam Bentuk Cetakan

Anda dapat menggunakan berbagai media cetakan seperti brosur, poster, kartu nama dan berbagai bentuk perlengkapan marketing cetakan lainnya.

  • Bangun Jaringan Profesional

Anda dapat membentuk jaringan profesional dengan berbagai kegiatanmarketing offline yang Anda lakukan seperti demo dan seminar. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti berbagai perkumpulan wirausaha dan juga berkenalan dengan banyak pemilik usaha lainnya dan membangun hubungan yang profesional dengan mereka.

Dengan menggabungkan kedua jenis kegiatan marketing di atas, Anda dapat meningkatkan angka penjualan dengan signifikan. Susun rencana marketingbaru Anda dengan menggabungkan keduanya, niscaya kesuksesan semakin dekat dengan Anda.

post-top-smn

Baca berita terkait