Tuesday, 19 March 2019

Strategi Penetapan Harga

post-top-smn

Oleh : Dewi Nurrohmawati (Dosen Prodi Manajemen FE UNISKA)

Bu Dewi HARGA merupakan komponen penting atas suatu produk, karena akan berpengaruh terhadap keuntungan produsen. Harga juga menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli, sehingga perlu pertimbangan khusus untuk menentukan harga tersebut.

Harga jual merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha. disebabkan harga jual sangat berkaitan dengan tingkat penjualan dan tingkat keuntungan. Apabila dalam menetapkan harga terlalu mahal, dikhawatirkan pelanggan akan enggan dalam membeli produk. Sedangkan jika produk terlalu murah, dikhawatirkan akan menghasilkan laba dengan tingkat yang rendah. Maka dari itu, penting kiranya untuk melakukan suatu perhitungan ketika akan menetapkan harga jual produk

Harga jual produk juga menjadi suatu hal yang sangat sensitif untuk keberlanjutan usaha dan bisnis, ada banyak hal yang akan mempengaruhi harga jual produk yang ditentukan. Apabila kurang teliti dalam menetapkan harga jual, hal ini bisa meningkatkan resiko kerugian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, baik produk barang maupun jasa.

Hal-hal yang harus perhatikan di antaranya adalah faktor pelanggan, pesaing, biaya, kemanfaatan untuk usaha itu sendiri, jumlah pemesanan atau pembelian:

(1) Pelanggan, pelanggan merupakan raja dan prioritas dalam penjualan jadi pastikan bahwa harga jual yang ditetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan tanpa mengurangi kualitas suatu produk.

(2). Pesaing, dalam menetapkan harga perlu juga untuk melihat harga jual yang di tawarkan oleh pesaing yang memiliki produk yang sama, pastikan bahwa harga jual produk dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya dalam menentukan tingkat keuntungan, jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Apabila terlalu tinggi harga jual akan kalah bersaing, dan sebaliknya apabila terlalu rendah dikhawatirkan tidak bisa menutupi biaya yang dikeluarkan.

(3) Biaya, faktor biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk, pastikan bahwa harga jual yang ditetapkan telah menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan. Artinya harus benar-benar jeli dan teliti dalam menghitung biaya yang terjadi, pastikan bahwa tidak ada biaya yang tidak anda masukkan dalam perhitungan. Jika saja ada biaya yang tidak terhitung, akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan, atau lebih parahnya akan menyebabkan kerugian.

(4) Kemanfaatan untuk usaha, ini artinya apakah harga jual sudah pantas atau belum, di nilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang di harapkan. Sebisa mungkin keuntungan yang anda harapkan dapat tercapai, tentu saja hal ini akan mempermudah dalam ekspansi perkembangan usaha dan bisnis di masa yang akan datang.

(5) Jumlah barang yang dipesan. Apabila memiliki lebih dari satu jenis produk maka bisa memberikan penawaran harga yang variatif. Semakin banyak jenis produk dan jumlah produk yang dipesan pelanggan, sebisa mungkin pelanggan mendapatkan potongan harga. Misalnya usaha sambel pecel, dengan varian tiga tingkat pedas yaitu standar, sedang dan pedas. Apabila pelanggan memesan semua varian atau hanya satu varian diusahakan ada perbedaan harga. Artinya semakin banyak pembelian, pelanggan akan diuntungkan dengan harga yang ditawarkan

Dengan mengacu pada lima strategi penetapan harga di atas pengusaha tidak mengalami kesulitan dalam menetapkan harga yang tepat sehingga produknya dapat bersaing. Apabila tepat dalam menentukan harga jual produk diharapkan penjualan akan meningkat dan mendapatkan keuntungan yang maksimal sehingga usaha yang dimiliki bisa berkembang dengan baik.

post-top-smn

Baca berita terkait