Wednesday, 20 March 2019

Soekarwo Puji Guyub Kepala Daerah

post-top-smn
Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto

Kab. Mojokerto, SMN – Kabupaten Mojokerto mulai pagi ini resmi dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021, Mustofa Kamal Pasa (MKP) dan Wakilnya Pungkasiadi, yang dilantik Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, Rabu (17/2) pagi kemarin di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Dua putra daerah tersebut dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, bersama 16 pasang kepala daerah lain yang terbagi dalam dua tahap pelantikan. Pelantikan tahap I dilakukan pukul 08.30 WIB-11.30, dan tahap II pada pukul 11.30 WIB-14.00 WIB. Bupati MKP dan Pungkasiadi yang kini resmi menggelindingkan roda pemerintahan periode 2016-2021, masuk dalam daftar pelantikan tahap I.

Dari total 17 kepala daerah yang dilantik kemarin, 16 dintaranya antara lain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Surabaya (Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana), Kota Pasuruan (Setiyono-Raharjo Teno Prasetyo), Kota Blitar (Moch Samanhudi Anwar-Santoso), Kab. Gresik (Sambhari-Qhosim), Kab. Malang (Kresna-Sanusi), Kab. Sidoarjo (Saifullah-Muhammad Nur Syaifudin), Kab. Situbondo (Dadang Wigiarto-Yoyok Mulyadi), Kab. Lamongan (Fadli-Kartika), Kab. Sumenep (Busyro Karim-Achmad Fauzi), dan Kab. Blitar (Rijianto-Marhaenis Urip Widodo).

Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa menandatangani berita acara pelantikan

Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa menandatangani berita acara pelantikan

Menyusul juga Kab. Trenggalek (Emil Elestianto Dardak-M. Nurarifin), Kab. Kediri (Harianti-Maskuri), Kab. Jember (Faida M-Mukhid Muqit), Kab. Ponorogo (Ipong Muchlisin-Soedjarno), Kab. Ngawi (Budi Sulistiono-Any Anwar), serta Kab. Banyuwangi (Abdullah Anwar Anas-Yusuf Widiatmoko).

Soekarwo dalam sambutannya memuji keguyuban para kepala daerah di provisni Jawa Timur, menurutnya para kepala daerah telah menjalankan fungsi pemerintahan dengan cukup baik. “Pemerintahan di daerah terdiri dari DPRD dan kepala pemerintahannya, kemudian ada Forkopimda sebagai penyeimbang. Kepala daerah baik bupati atau walikota di Jatim ini luar biasa guyub. Kekompakan dan guyub tersebut mampu membawa Jatim surplus bahan pangan, bahkan insyallah kita bisa bantu supply kebutuhan daging nasional hingga 147 ribu ton sebab kita kelebihan 300 ribu ton,” ucap Soekarwo optimis.

Malam sebelumnya bertempat di Hotel Singgasana Surabaya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Mojokerto bersilaturahmi dengan jajaran SKPD, Sekda Herry Suwito, dan Pj Bupati Mojokerto Ardi Prasetiawan. MKP mengucapkan terimaksihnya kepada seluruh SKPD yang sudah mendukung pemerintahan berjalan lancar. Ardi Prasetiawan juga menitipkan pesan agar SKPD bisa mempertahankan prestasi yang sudah didapat salah satunya predikat WTP tahun 2015 kemarin.

“Saya berharap supaya SKPD melaporkan program-programnya kepada pemerintahan Bapak MKP secara konkrit, agar kebijakan yang diambil selanjutnya bisa relevan dengan visi misi,” pesan Ardi.

Bupati dan Waikil Bupati Kabupaten Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP) dan Wakilnya Pungkasiadi bersama istri usai pelaksanaan pelantikan

Bupati dan Waikil Bupati Kabupaten Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP) dan Wakilnya Pungkasiadi bersama istri usai pelaksanaan pelantikan

Senada dengan Ardi Prasetiawan, Herry Suwito juga menitipkan harapan yang sama terhadap pemerintahan 2016-2020 mendatang. Ia ingin agar pengalaman-pengalaman dalam periode pemerintahan 2010-2015, bisa dijadikan indikator dalam menentukan kebijakan yang tepat.

“Terimakasih pada Pak Ardi yang telah menahkodai pemerintahan Mojokerto dengan sukses. Untuk Bupati dan Wakil terpilih Pak MKP dan Pak Pungkasiadi, semoga ke depan mampu mewujudkan pemerintahan yang cemerlang berdasarkan pengalaman sebelumnya,” ujar Herry Suwito.

Sekitar 1.500 lebih tamu undangan menghadiri pelantikan tersebut, antara lain Wakil Gubernur Sayaifullah Yusuf, Kajari se-Provinsi Jatim, Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota se-Jawa Timur, Ketua DPRD kabupaten/kota se-Jawa Timur, Sekdakab, perwakilan partai politik, perawikilan negara-negara sahabat seperti Amerika, Jepang, China, dan sejumlah organisasi masyarakat maupun lembaga swadaya masyarakat. Pelantikan ini sendiri bersandar pada SE (Surat Edaran) Nomor 005/389/SJ, yang ditandatangi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, tanggal 5 Februari 2016. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait