Friday, 19 October 2018

SINTO DKK AKAN DILAPORKAN BALIK OLEH LSM KAPAK

post-top-smn

LUMAJANG, SMN — Miskadin mendapat ancaman pasca melaporkan adanya dugaan penambangan di atas cek dam di wilayah Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro. Dia akan dilaporkan kepolisi karena pungli dan penipuan.

Menanggapi ancaman tersebut Miskadin bersama tim advokasi dan kuasa hukumnya akan melaporkan balik Sinto, karena Sinto telah mencemarkan nama baik Miskadin.

Menurut Miskadin, dia tidak pernah melakukan perbuatan yang dituduhkan kepada dirinya mengenai pungli dan penipuan yang berkedok IPR.

Menurut Rangga Saputra, SH tim kuasa hukum dari OBH Kedaulatan Rakyat, pihaknya akan menunggu itikad baik dari Sinto.

“Kami akan menunggu itikad baik dari saudara Sinto dalam waktu 2×24 jam, untuk meminta maaf langsung kepada Miskadin dan dihadapan pers atau media, dan jika tidak dilakukan, kami akan menuntut balik saudara Sinto atas perbuatan pencemaran nama baik.”

Menurut Rangga Saputra, SH, Sinto bisa dikenakan pasal Pasal 310 ayat (1) KUHP, yang isinya
“Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah”.

Sementara itu tim advokasi KAPAK Lutfia Amerta, menuturkan, bahwa apa yang dilakukan Sinto terhadap Miskadin merupakan salah satu bentuk kriminalisasi yang ditujukan kepada Miskadin.

“Ancaman pelaporan dengan tuduhan pungli dan penipuan tersebut merupakan salah satu bentuk kriminalisasi terhadap saudara Miskadin,” ujarnya.

Lutfia Amerta menuturkan bahwa hal itu terjadi pasca Miskadin melaporkan penambangan diatas cek dam di wilayah Jugosari, yang mana hal tersebut sangat menbahayakan bagi keselamatan warga Desa Jugosari.

Perlu diketahui, bahwa
sebelum kejadian penganiayaan dan pengeroyokan, Miskadin selaku ketua KAPAK, pernah melaporkan penambangan illegal PT Lumajang Jaya Sejahtera, karena menambang diluar koordinat.(atk)

post-top-smn

Baca berita terkait