Sunday, 18 November 2018

SILATURAHMI DAN BUKA BERSAMA KASAT RESKRIM DENGAN SAHABAT MEDIA

post-top-smn

LUMAJANG, SMN — Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH. MHum, menjalin sinergritas bersama sahabat media dengan Polres Lumajang , melalui acara Silaturrahmi dan Buka Bersama, di Rumah makan warung apung, pada Selasa (30/5).

Menurut Kasat Reskrim Polres Lumajang , jalinan kerjasama sangat dibutuhkan kedua belah pihak. Beliau menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu terbuka, jika berkenaan dengan informasi yang dibutuhkan awak media. Tapi perlu dipahami, mana berita yang perlu dishare, mana yang masih dalam penyelidikan.

“Saya pikir teman teman media paham dengan pemberitaan. Dan mengenai informasi untuk pemberitaan akan saya keluarkan melalui Kasubag Humas Polres Lumajang,” bebernya.

Agar semua informasi yang keluar bisa satu pintu, maka segala informasi akan kami sampaikan lewat subaghumas, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa saya siap dikonfirmasi kapanpun.

Perwakilan dari media yang diwakili oleh ketua kompi, syamsudin nabilah, menjelaskan arti kemitraan, yang mengacu pada simbiosis mutualisme. Dimana awak media butuh berita, sedang polres butuh publikasi.

Menurut ketua Kompi yang akrap disapa Udin, sinergitas ini memang dibutuhkan antara awak media dengan narasumber sebagai bahan untuk membuat suatu pemberitaan.

“Keterbukaan ini yang kami butuhkan, jika pihak narasumber terbuka, kami para awak media akan menulis berita dapat cover both side atau berimbang. Namun jika narasumbernya tertutup, bagaimana kami dapat menulis berita yang cover both side?,” Jelasnya.

Di Kabupaten Lumajang ini, ada 3 kemunitas awak media, yaitu Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL), Komunitas Pers Independen (KOMPI) dan Ikatan Wartawan Lumajang (IWL) .
Namun kata Udin, dengan adanya ketiga wadah tersebut bukan sebagai pembatas informasi antara awak media dengan narasumber, melainkan menjadi sebuah alat penghubung secara kelembagaan.

“Komunitas awak media ini bukan sebagai pemilah atau sebuah permusuhan, namun sebagai sebuah alat demokrasi, berpendapat sesuai dengan visi misinya. Kedepan kami akan menjadi alat informasi bagi narasumber sesuai dengan kode etik jurnalistik di Kota Pisang ini,” pungkasnya.

Acara silaturahmi ini diakhiri dengan berbuka bersama seluruh awak media dan jajaran polres lumajang. (Atk)

post-top-smn

Baca berita terkait