Wednesday, 20 March 2019

SEKTI Minta Bupati Segera Bentuk Tim GTRA Kabupaten

post-top-smn

JUMAIN Sekti

Jember,suaramedianasional.co.id  – Serikat Tani Independen (SEKTI) Kabupaten Jember menganggap, Pemkab Jember sudah harus bisa membentuk tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

Ketua SEKTI Kabupaten Jember, M. Jumain mengklaim, dasar hukum menuntut Pemkab melakukan hal itu sudah cukup kuat.

Inti reforma agraria yang dipahami SEKTI sesuai keterangan M. Jumain, adalah menata ulang ketimpangan kepemilikan dan pemanfaatan tanah yang digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat.

“Selain sila kelima Pancasila, pasal 33 ayat 3, UU Pokok Agraria No 5/1960 dan Tap MPR IX/2001, juga Perpres 86/2018 dan buku petunjuk pelaksanaan reforma agraria BPN RI tahun 2018,” ujar Jumain.

Ditegaskan Jumain, bahwa Perpres 86/2018 mengisyaratkan pembentukan Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), baik di tingkat nasional, propinsi, dan kabupaten.

“GTRA di tingkat nasional dan propinsi sudah terbentuk, saat ini kami mendorong Bupati Jember, dr. Hj. Faida, untuk segera membentuk GTRA tingkat kabupaten,” harapnya.

SEKTI sendiri cukup percaya diri untuk merasa harus terlibat dalam pembentukan GTRA ini. Alasan Jumain, SEKTI berisi orang-orang yang paham subjek objek lokasi serta tata kelola dan tata ruang. Selain itu juga memberikan masukan apa yang akan dilakukan setelah redistribusi lahan dijalankan untuk memperkuat ekonomi, termasuk memperkuat ketahanan pangan negara.

Menurut Jumain, Pemkab Jember pernah menjanjikan terbentuknya GTRA ini, saat talkshow “Pencapaian Program Ekonomi Pemerintahan Jokowi Dan JK, di Pendapa Wahya Wibawa Graha. Saat itu, katanya, bupati memandang sangat penting adanya reforma agraria.

“Bahkan dia memandang bahwa reforma agraria bisa menjadi daya ungkit majunya sektor-sektor lain,” ungkapnya. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait