Monday, 23 July 2018

Sebelum Cetak, KPU Kota Kediri Perlihatkan Desain Surat Suara ke Paslon

post-top-smn

KPU saat mengundang sejumlah pasangan calon untuk mencermati surat suara sebelum naik cetak

Kediri, SMN – Untuk mengantisipasi kesalahan maupun komplain dari pasangan calon (paslon) Walikota-Wakil Walikota Kediri, KPU Kota Kediri memperlihatkan terlebih dahulu surat suara ke seluruh Paslon sebelum naik cetak. Hal itu dilakukan Rabu (9/5) siang di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kilisuci KPU Kota Kediri.

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Divisi Teknis Penyelenggaraan & Data, Pusporini Endah Palupi mengatakan, agenda hari itu adalah meminta persetujuan dari masing-masing paslon tentang desain gambar surat suara, yang akan dipakai dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri, 27 Juni 2018 mendatang.

“Hari ini penandatangan contoh surat suara untuk dicetak sesuai dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap) per TPS (Tempat Pemungutan Suara) ditambah 2,5 persen,” katanya.

Dari hasil pertemuan tersebut, ketiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri masih belum menyetujui desain yang diperlihatkan. Mereka pun membubuhkan catatan koreksi agar nanti dibuatkan desain ulang, untuk kemudian dicetak kembali.

“Ternyata masih banyak koreksi baik dari pasangan calon nomor urut 1, 2, maupun 3. Dan itu kita layani,” tandasnya.

Koreksi yang datang dari para paslon diantaranya tentang warna gambar pasangan calon, kecerahan gambar, hingga ukuran foto pasangan calon. Pusporini menyebut, desain surat suara menjadi hal yang sangat vital dalam proses Pilkada. Jika desain surat suara tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pasangan calon, KPU juga tidak bisa mencetak.

Terkait persetujuan desain tersebut, KPU Kota Kediri mengaku tidak akan membatasi jumlah koreksi dari masing-masing pasangan calon. Dan proses cetaknya, baru akan dilakukan jika seluruh paslon menyatakan persetujuannya. “Kalau targetnya tidak ada berapa kali. Namun kita juga akan menghitung waktu bagi percetakan untuk mencetak surat suara tersebut,” tegasnya.

Untuk diketahui, nantinya KPU akan mencetak sebanyak 204.495 surat suara, ditambah surat suara PSU (Pemungutan Suara Ulang) sebanyak 2.000 surat suara. Seluruh surat suara tersebut, akan disebar ke 485 TPS di Kota Kediri.(adv/bd)

post-top-smn

Baca berita terkait