Monday, 19 November 2018

Sebanyak 25.000 Orang Ikuti Aksi Nusantara Bersatu Kodam V/Brawijaya

post-top-smn
Suasana aksi Nusantara Bersatu di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Rabu (30/11).

Suasana aksi Nusantara Bersatu di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Rabu (30/11).

Surabaya, SMN – Sebanyak 25.000 orang terdiri TNI, Polri, veteran, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum ikut memeriahkan aksi Nusantara Bersatu yang di gelar di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Rabu (30/11).

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana, di sela aksi mengatakan, kegiatan ini untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui kebhinekaan masih ada. “Kita bisa lihat antusiasme masyarakat berbondong-bondong datang, meski di bawah terik sinar matahari mereka tetap semangat, semua bersuka cita,” ungkap Pangdam.

Dengan Aksi Nusantara Bersatu membuktikan, jika seluruh masyarakat ingin bersatu tidak ingin terpecah belah. ”Melihat banyaknya yang hadir, menandakan jika masyarakat Indonesia masih utuh, karena aksi ini digelar serentak di suluruh Indonesia,” tuturnya.

Dari catatan panitia diketahui, para peserta ada yang datang menggunakan bus, minibus, atau naik motor. Para peserta ini bukan hanya dari Surabaya, tetapi beberapa daerah lain seperti Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan.

Sebelum masuk ke lokasi, panitia penyelenggara sengaja menyiapkan pita metah putih untuk dikenakan para peserta saat melakukan aksi. “ Bazaar makanan rakyat gratis buat para peserta dan undangan seperti soto ayam, soto daging, siomay, nasi ayam goreng, dan bakso, juga telah disiapkan,” imbuh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V Brawijaya, Kolonel (Arh) Sinthu Bas Ignatius.

Selain menikmati makanan rakyat, peserta juga dihibur beberapa aksi seperti aksi para Taruna AAL yang tergabung dalam Genderang Suling Jala Taruna, Drama kolosal dari Dewan Kesenian Jawa Timur, senam Gemu Famire, dan Parade Reog Ponorogo.

Dari pantauan di lapangan nampak aksi yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini terkesan serius tapi santai, hampir tidak ada batas antara TNI, Polri, masyarakat umum dan jajaran pejabat pemerintah. Mereka membaur senam bersama, bernyanyi dan makan bersama.”Saya senang ikut acara seperti ini, bukan hanya meriah tapi juga bisa melihat dari dekat bahkan naik dan foto di kendaraan tempur milik Kodam,” ungkap Eko Prasetya peserta aksi asal Surabaya. (hjr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait