Tuesday, 19 March 2019

Sampaikan Nota Penjelasan RAPBD 2019. Peningkatan IPM Jadi Prioritas Cak Thoriq

post-top-smn

Cak Thoriq menyerahkan naskah nota penjelasan RAPBD TA 2019 kepada ketua DPRD Kab. Lumajang.

Lumajang, suaramedianasional.co.id – Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menyampaikan nota penjelasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2019, pada rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Senin (5/11).

Rapat Paripurna itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Lumajang, Agus Wicaksono. Ada dua agenda yang di bahas, yaitu, persetujuan DPRD terhadap pembentukan panitia khusus tentang rencana awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2023.

Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang ini mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Lumajang, karena sudah melaksanakan pilkada dengan damai dan demokratis 27 Juli lalu. Ia menyampaikan juga menjanjikan, program dan kebijakan dari bupati-wabup yang relevan, akan tetap dilaksanakan dengan berbagai penyempurnaan.  “Saya harapkan kebijakan strategis yang tertuang dalam RAPBD TA. 2019 akan mampu mendorong serta mendongkrak angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang,” katanya.

IPM merupakan salah satu prioritas dalam kepemimpinannya. Hal ini karena dua alasan, yaitu bahwa IPM adalah indicator untuk mengukur keberhasilan dan upaya membangun kualitas hidup masyarakat. Alasan kedua, IPM digunakan untuk memberikan klasifikasi kemajuan suatu daerah termasuk menyoal tingkat daya saingnya. “Karena itulah, kami menjadikan IPM di Lumajang ini menningkat,” katanya.

Menurut Cak Thoriq, Kabupaten Lumajang memiliki potensi yang sangat besar di berbagai bidang. Oleh karena itu, dalam rangka mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), ia menerapkan beberapa kebijakan seperti, memperbaiki regulasi tata niaga dan pengelolaan tambang pasir untuk mendongkrak peningkatan PAD melalui pajak mineral bukan logam dan batuan, serta evaluasi dan penyempurnaan regulasi yang mengatur retribusi daerah.

Belanja daerah akan diarahkan pada program prioritas hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), penyerapan aspirasi masyarakat dan kebijakan strategis lainnya dengan menerapkan fungsi alokasi dan distribusi pengeluaran anggaran yang tepat. “Penyusunan maupun penerapan anggaran berdasarkan skala prioritas, terutama program peningkatan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta pelayanan publik,” paparnya.

Dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga menyerahkan naskah nota penjelasan RAPBD TA 2019 kepada ketua DPRD. (tik)

post-top-smn

Baca berita terkait