Tuesday, 25 June 2019

Ruwat Desa Salen Kec. Bangsal Gelar Kesenian Ujung

post-top-smn
Festifal kirab budaya mojopahit berlangsung meriah

Festifal kirab budaya mojopahit berlangsung meriah

Mojokerto, SMN – Ruwat desa(sedekah bumi) desa salen kecamatan bangsal kabupaten mojokerto yang digelar hari selasa tanggal 16 mei 2017,mengadakan kesenian ujung yang dilaksanakan dihalaman balai desa dengan ukuran panggung 5×5 meter berjalan meriah.kesenian ujung desa salen dengan peserta sekitar kurang lebih 100 orang yang diikuti warga setempat setiap dusun mengelurkan jagoan jagoannya.

 

Puluhan warga beradu ketangkasan untuk saling mencambuk dengan menggunakan rotan.kesenian ujung ini, dulunya digunakan masyarakat untuk tradisi adu kekuatan meminta hujan.

 

Dengan iringan gending jawa dengan menggunakan alat musik tradisional, puluhan warga di desa salen kec. Bangsal kab. Mojokerto satu persatu menunjukkan kemampuan mencambuk dalam kesenian ujung yang digelar dibalai desa salen. Pertarungan dilakukan secara sportif dan dalam suasana bersahabat meski terkadang sampai bercucuran darah. dalam satu kali cambuk’an mendapatkan uang 10 ribu rupiah.

 

Kesenian ujung di desa salen merupakan agenda tahunan dan udah menjadi tradisi desa dari jaman dahulu.acara yang dimulai dari jam 11 siang hingga sampai jam 3 sore berjalan meriah. Lebih uniknya lagi kesenian ujung desa salen ini sangat menarik, dari kalangan yang muda sampai yang tua saling adu ketangkasan yang disaksikan ribuan warga.disela adu ketangkasan tak luput bpk Kapolsek, Bu Lurah, Bu carik ikut naik ke panggung untuk nyawer sambil goyang tradisi musik jawa.

Sukses terus buat Bu Kades Wiwik Nurhayati beserta perangkatnya untuk meramaikan ruwat desa salen dalam setiap tahunnya.malam hari acara dilanjutkan dengan pagelaran “wayang kulit” ki dalang Seno Aji dari trowulan  Mojokerto.(ful)

 

post-top-smn

Baca berita terkait