Wednesday, 23 May 2018

Rombongan Santri Bahari Jatim Resmi Diberangkatkan

post-top-smn
Pemberangkatan Santri Bahari Jatim

Pemberangkatan Santri Bahari Jatim dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Jakarta

Surabaya, SMN – Rombongan santri bahari Jawa Timur sebanyak 100 orang resmi diberangkatkan dari Surabaya menuju Ibu Kota Jakarta. Di atas kapal para santri akan mendapatkan ilmu dan wawasan nusantara untuk memperkuat nasionalisme.

Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim Dudi Harjantoro mengatakan, program santri bahari merupakan sarana mengenal kekayaan laut Indonesia. Potensi bahari yang sangat besar dapat dioptimalkan oleh generasi penerus bangsa termasuk para santri.

“Santri yang juga bagian dari pemuda juga harus kita sentuh. Apalagi tantangan kita ke depan sangat kompleks. Saya optimis santri bisa mengoptimalkan kekayaan laut kita,” katanya usai melepas rombongan santri bahari di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (13/11).

Ia menjelaskan sebanyak 100 santri yang ikut dalam perjalanan laut ini adalah perwakilan setiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Masing-masing mengirimkan 2-3 orang termasuk pendamping santri. Diharapkan rasa cinta pada bumi pertiwi terus bertambah dan kelak dapat mengabdkan diri untuk kemajuan bangsa.

Anggota DPRD Jatim, Badrut Tamam yang turut serta berlayar bersama santri mendukung penuh program santri bahari. Di tengah kian merebaknya ancaman radikalisme di kalangan generasi muda, program santri bahari dapat menjadi solusi. Para santri dapat menjadi agen di lingkungannya untuk menghalau arus radikalisme.

“Kita sangat mendukung, tahun depan kuotanya bisa ditambah menjadi 200 santri. Program ini juga bagian dari penghargaan terhadap keberadaan dan kontribusi santri pada NKRI,” pungkas anggota dewan asal Pamekasan ini. (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait