Saturday, 24 August 2019

Breaking News

Resmikan Taman Semeru, Wujudkan Kota Hijau

post-top-smn

= PROBOLINGGO - RESMIKAN TAMAN SEMERU

Probolinggo, SMN – Pembangunan Taman Semeru  merupakan langkah perwujudan Kota Probolinggo sebagai kota  hijau. Walikota Probolinggo, Hj Rukmini meresmikan taman yang berlokasi di Jalan Semeru ini. Usai pengguntingan pita, ia mengunjungi area taman bersama undangan lainnya.

Para undangan di antaranya, Wakil Walikota HM Suhadak, Wakil Ketua DPRD Mukhlas Kurniawan, para asisten, Kepala Dinas PU Nur Khamdani, kepala satker, camat dan lurah setempat, anggota tim swakelola P2KH, serta Forum Komunitas Hijau.

Menurut Walikota, untuk pemenuhan RTH (ruang terbuka hijau) sebesar 30 persen, juga mewujudkan kota hijau bukanlah program yang singkat. Dibutuhkan keberlanjutan dan dukungan   pemerintah serta masyarakat.

Langkah riil mewujudkan kota hijau,  salah satunya, memanfaatkan lahan kosong disekitarnya. Seperti warga membiasakan tanam pohon ataupun tanaman di pot maupun halaman rumah. Sementara itu, di Kota Probolinggo sendiri sudah membangun beberapa taman, diantaranya TWSL, RTHKP  Kedopok, Taman Maramis Timur dan Barat, taman  manula, serta  alun-alun. Taman itu sudah populer dan menjadi jujugan untuk refreshing keluarga.

“Ditambah satu taman lagi, yaitu Taman Semeru yang baru. Semua demi kenyamanan masyarakat. Semoga nanti bisa dibangun lebih banyak taman yang indah di lokasi yang belum tersentuh. Baik oleh pemerintah maupun pihak swasta,” harap mantan anggota DPR-RI ini.

Keberadaan Taman Semeru ini, diharapkan bisa menambah luasan RTH publik, serta dapat memberikan fungsi interaksi sosial secara aktif, bagi masyarakat secara umum.  Taman ini pun bisa dimanfaatkan untuk bermain, istirahat, refreshing, olahraga, berkesenian serta menambah ilmu dengan taman baca.

Dari sektor perekonomian, diharapkan bisa menggerakkan ekonomi di wilayah selatan. Contohnya, penjualan souvenir maupun kuliner. “Mohon dijaga dan dirawat secara maksimal. bukan hanya oleh BLH, tapi juga masyarakat dan pengguna taman,” pinta Walikota perempuan pertama ini.

Dengan begitu, taman ini menjadi warisan bagi anak cucu kita, dengan pohon yang semakin hijau dan rindang. (opt/edi)

post-top-smn

Baca berita terkait