Tuesday, 17 July 2018

Reformasi Birokrasi Demi Kesejahteraan Dan Rasa Keadilan Masyarakat

post-top-smn
Ir Indah Amperawati saat diwawancarai sejumlah wartawan

Ir Indah Amperawati saat diwawancarai sejumlah wartawan

LUMAJANG, SMN – Reformasi birokrasi harus dilakukan. Tidak mudah disetir orang lain. Itulah yang disampaikan salah satu Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lumajang, Ir Indah Amperawati kepada sejumlah media, setelah mengembalikan berkas pendaftaran ke partai Demokrat siang tadi.
Menurut Indah, Reformasi Birokrasi (RB) ini bertujuan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
“Sehingga kita bisa memberikan kesejahteraan dan rasa keadilan pada masyarakat banyak,” katanya kepada sejumlah wartawan waktu itu.
Di sisi lain, kata Indah, birokrasi sangatlah sarat dengan banyak tugas dan fungsi.
“Karenanya, tidak saja hanya terfokus kepada pelayanan publik, tetapi juga bertugas dan berfungsi sebagai motor pembangunan dan aktivitas pemberdayaannya juga,” tambahnya.
Indah mengakui jika proses RB yang harus dilakukan nanti jika terpilih memimpin Lumajang, nampaknya bukan hal yang mudah karena harus memformat ulang dengan penuh kritik dan tindakan korektif struktur dan konfigurasi birokrasi itu dari yang serba sacral feodal ke serba rasional dan profesional.
“Proses reformasi dari berfikir nuansa serba priyayi (ambtenaar) ke arah birokrasi dengan konfigurasi otoritas yang rasional, yang dalam tataran empirik dari budaya minta dilayani menjadi budaya melayani sebagai abdi masyarakat (public service),” imbuhnya lagi.
Tugas utama pemerintah terhadap rakyatnya, dikatakan Indah adalah memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat.
“Demikan pentingnya pelayanan publik oleh pemerintah ini sehingga sering dijadikan tolok ukur keberhasilan suatu rezim pemerintah, terlebih sekarang ketika paradigma Good Governance (kepemerintahan yang baik) dikedepankan dimana akuntabilitas, efektivitas dan efesiensi dijadikan tolok ukur dalam pelayanan sektor publik,” beber adik alm Syahrajad Masdar ini.
Indah kembali menegaskan bahwa tugas utama pemerintah adalah memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat.
“Dengan demikian masalah utamanya adalah bagaimana usaha yang dilakukan agar RB nantinya dapat memberikan pelayanan secara efektif dan efesien kepada masyarakat,” pungkasnya.
Indah mengharapkan terciptanya masyarakat yang mandiri, sejahtera, dan  bermartabat, dengan pembangunan yang tepat sasaran, yang amanah dan bertanggungjawab demi terciptanya Good Government. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait