Friday, 19 October 2018

RAPAT SENGKAN AIR di BALAI DESA KEBEN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

post-top-smn

rapat desa.

Lamongan, Smn – Jumat 27 juli 2018.Telah diadakan rapat kusus terkait Sengkan air dari bengawan solo guna mengairi tanaman padi agar tidak gagal panen, diantara Desa yang membutuhkan air yaitu Desa Keben yang luasan 250 Ha, lebih juga Desa Wangunrejo di Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan hari demi hari para Kepala Desa mengupayakan air dari Bengawan solo ditarik keatas dengan desel, tiap hari BBM nya habis 5 juta rupiah dengan tenaga oprasional nya.

Pada rapat itu dihadiri Kepala Desa Para Kelompok tani dan dihadiri penyuluh pertanian beliau berharap agar semua masyarakat memahami karna musim kemarau yang panjang hingga banyak tanaman yang gagal panen karna kekurangan air, sampai ada disalah satu Desa yang berunjuk rasa pada Dinas UPT Pertaniaan Kecamatan Turi karna problem kekurangan air, pungkas Kades Desa Keben H KHoLik SH. dimana pada rapat tersebut disampaikan oleh perugas UPT Pertanian agar semua masyarakat bersabar terkait kekurangan air tetap diupayak oleh Pemerintah Desa sampai Muspika Ikut terlibat.

Karna Kodim sudah bekerja sama pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan terkait pertanian di Kabupaten Lamongan dalam hal ini terbukti dengan adanya traktor dan mesin pompa air yang disalurkan lewat Brigade, seirama dengan apa yang disampaikan Kepala Desa Turi pernah berkordinasi dengan Bapak Camat Turi drs. Sujai. MM agar ikut terlibat langsung dalam mengusahakan air dari Bengawan solo, dinaikan keatas dengan bantuan pompa air, yang sebelumnya di datangkan alat berat ecavator untuk mengangkat tanah dari sungai yang dangkal.

Sehingga air bisa masuk ke embung buatan tersebut setelah penuh baru disedot dengan pompa desel untuk dinaikan keatas guna mengairi sawah para petani yang sekarang ada tanaman padi yang membutuhkan air agar bisa panen sempurna karna Kecamatan Turi merupakan Lumbung padi di wilayah utara Lamongan. (AQ)

post-top-smn

Baca berita terkait