Sunday, 16 December 2018

Puti Siap Bantu Selesaikan Urusan Sertifikasi TORA dan Perhutanan Sosial

post-top-smn

JEMBER, SMN — Siang tadi, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur kedatangan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno.

Puti menyempatkan diri bersilaturahmi, halal bihalal dengan sejumlah kelompom tani di Desa Curahnongko tersebut, dengan harapan pada tanggal 27 Juni mendatang mereka memberikan hak pilihnya kepada Pasangan Calon Nomor Dua, yaitu Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti).

Mbak Puti, datang ke Desa Curahnongko, menuju rumah Ketua Serikat Tani Independen (SEKTI) Jember, Moh Juma’in.

Dalam kesempatan itu Jumain memberikan masukan, bahwa basis SEKTI memiliki sengketa agraria dengan PTPN, Perhutani, PDP dan tanah pesisir.

“Adapun rincian wilayah dan keanggotaan SEKTI, antara lain seperti Siper Desa Curahnongko, Desa Andongrejo, Desa Wonoasri yang ketiganya ada di Kecamatan Tempurejo,” katanya.

Selain itu, kata Juma’in ada juga PPRTC Desa Curahtakir, Desa Sanenrejo di Kecamatan Tempurejo. TPRM Desa Mangaran di Kecamatan Ajung. PPM di Desa/Kecamatan Mumbulsari. GERASRUT di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji. GPMB Desa Mulyorejo di Kecamatan Silo.

“Ada juga PPRP Desa Pace Kecamatan Silo, GPG Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, KOMPAK Desa Suci, Desa Pakis, Kecamatan Panti dan WARTAM Desa Puger Kulon Kecamatan Puger,” urainya.

Namun, kata Juma’in, Mbak Puti berpesan kepada dirinya, bahwa untuk tanggal 27 tolong dibantu dan insya allah setelah itu direalisasi untuk duduk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, maka SEKTI Jember akan gantian dibantu.

Pada saat itu, Mbak Puti menyampaikan salam dari Cagub Jatim, Gus Ipul yang saat itu tidak bisa ikut hadir karena sesuatu hal.

“Kedatangan saya ini adalah ingin menjaring aspirasi warga dan petani yang berada di sekitar Desa Curahnongko,” katanya waktu itu kepada media ini.

Sebelum ke Desa Curahnongko, Puti mengatakan jika dirinya sempat melakukan komunikasi dengan Bupati Jember, dr Faida.

“Beliau memberikan dukungan penuh untuk pasangan kami, Gus Ipul-Mbak Puti. Sebab ini merupakan program lanjutan yang mendukung dari program Pemerintah Presiden Joko Widodo yakni masalah sertifikasi Perhutanan Sosial dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) seluas 9 juta hektare di seluruh Indonesia,” paparnya dihadapan sejumlah warga yang hadir tadi.

Karena menurutnya, dengan selesainya urusan sertifikat tanah ini, masyarakat akan lebih sejahtera dan bisa mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Mari dukung Pak Jokowi untuk dua periode menjadi Presiden. Kemudian nomor dua untuk Jawa Timur, pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti. Jangan lupa tanggal 27 Juni coblos nomor dua,” ujar Puti.

Puti juga mengungkapkan, bersama Gus Ipul mempunyai program unggulan yakni pendidikan.

“Karena pendidikan itu sangat penting bagi generasi anak bangsa. Namanya adalah Dik Dilan yaitu pendidikan gratis berkelanjutan yang menjadi visi misi program Gus Ipul-Puti ke depan, dalam memimpin Jawa Timur. Karena pendidikan gratis untuk SMA/SMK itu sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Gus Ipul-Mbak Puti menggratiskan pendidikan untuk SMA/SMK Negeri di Jawa Timur. Karena itu hukumnya wajib. Jadi SD, SMP dikelola pemerintah daerah Kabupaten/Kota. Maka untuk SMA/SMK dikelola Pemerintah Provinsi harus digratiskan,” kata dia.

Menurut dia, dengan pendidikan gratis di tingkat SMA/SMK maka ke depannya sudah tidak ada lagi anak yang hanya bisa menempuh pendidikan di tingkat SMP. Dengan pendidikan gratis dari SD hingga SMA/SMK maka mendukung pemerintah Presiden Jokowi, yakni program pendidikan wajib 12 tahun.

Program lainnya, dikatakan Ketua DPC PDIP Kabupaten Jember, Tabroni, kepada awak media juga menjelaskan jika apa yang Mbak Puti mengenai pemberdayaan, itu akan dilakukan kepada perempuan terutama untuk masyarakat miskin atau kurang mampu.

Ditegaskan Tabroni, dikhususkan untuk perempuan atau ibu-ibu yang tidak mempunyai suami dan yang bekerja menjadi tulang punggung ekonomi keluarga, maka mereka akan diusahakan mendapatkan permodalan.

“Permodalan pemberdayaan perempuan ini diberikan tujuannya, jika ada perempuan atau ibu-ibu bisa membuka membuka usaha sendiri atau sektor industri kecil. Nantinya juga akan mendapatkan pendampingan, pelatihan. Supaya ke depan bisa mewujudkan, meningkatkan, menumbuhkan perekonomian perempuan,” kata Tabroni, sesuai apa yang disampaikan Mbak Puti waktu itu.

Di sisi lain, diutarakan Tabroni, masih ada lagi program, yakni penguatan koperasi, pengembangan UMKM. Serta pengembangan wisata di tiap daerah yang menjadi program Gus Ipul-Mbak Puti, nantinya bisa dikelola dan dikembangkan oleh anak muda juga warga sekitar.

Hal itu, agar supaya bisa meningkatkan, menumbuhkan ekonomi di pedesaan.

“Selain itu, pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti ini ada program memberikan jaminan pupuk panen petani. Caranya memastikan penguatan harga panen petani dari tingkat desa bawah hingga pemerintah propinsi,” kata dia. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait