Saturday, 23 February 2019

Pungli Retribusi Pasar Hewan, Oknum Pegawai Dinas Prinaker Dicokok Polisi

post-top-smn

Kapolres Ngawi menunjukkan bukti-bukti kasus pungli di UPT Pasar Hewan yang menyeret salah satu pegawainya.

Ngawi, suaramedianasional.co.id – NL yang baru berusia 42 tahun, harus merenungi nasibnya di balik jeruji besi. Wanita ini tertangkap langsung dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) 10 Februari 2017 silam. NL merupakan bendahara UPT pasar hewan Ngawi yang juga ASN di Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja setempat. “Tersangka ini diduga melakukan pungutan tanpa menyetorkan retribusi ke kas daerah, terkumpul sejumlah Rp 4,8 juta, karena melakukannya beberapa kali,” ujar Kapolres AKBP Pranatal Hutajulu, Senin (28/1).

Pranatal Hutajulu menyatakan, hal ini bermula dari penarikan retribusi bagi para pedagang hewan (sapi). Dibantu juru pungut, tiap pedagang sapi yang masuk ke pasar hewan Kartoharjo Ngawi membayar retribusi. Walaupun ada karcis namun ada pula yang tidak memakai karcis sehingga uangnya masuk ke kantong pribadi tersangka. “Tersangka kita jerat dengan pasal pungutan liar,” tukas Kapolres AKBP Pranata Hutajulu.

NL sendiri sudah ditahan dan berkasnya sudah dinyatakan P2 (sudah lengkap) oleh kejaksaan. Pada tersangka akan dikenakan pasal 374 jo 64 KUHP. “Kami sudah menyerahkan berkas dan tersangka pada kejaksaan,” ungkap Pranatal. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait