Friday, 20 July 2018

Puncak Peringatan BBGRM ke-XV dan HKG PKK ke-46 Tahun 2018, Peran Masyarakat Membangun Integritas Sosial

post-top-smn

Kab. Mojokerto, SMN – Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XV dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 Tahun 2018 Kabupaten Mojokerto, diresmikan Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Senin (7/5) pagi di Pendopo Graha Majatama.

Peringatan BBGRM ke-XV tahun 2018 yang tahun ini mengambil tema “Dengan Semangat Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Wujudkan Peran Aktif Masyarakat Dalam Membangun Integritas Sosial”, Pung dalam sambutan arahannya mengatakan jika moment ini diperlukan untuk membangun kembali semangat kegotongroyongan masyarakat.

“Perubahan sosio-kultural dan dinamika masyarakat modern, menjadi salah satu penyebab semakin individualnya masyarakat. Moment ini diperlukan untuk membangun kembali kegotongroyongan masyarakat. Selain itu mampu memberi pengaruh terhadap berkembangnya lembaga kemasayarakatan (BPD, LPM, TP PKK Desa/Kelurahan, lembaga adat, Karang Taruna, RT/RW dan lemba lainnya),” terang Pung.

Selanjutnya HKG PKK ke-46 yang tahun ini mengusung tema “Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan Untuk Wujudkan Indonesia Damai”, dijelaskan oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Yayuk Pungkasiadi.

“Peringatan HKG PKK ke-46 tahun 2018 yang telah kita agendakan bulan Maret lalu, mengusung tema “Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan Untuk Wujudkan Indonesia Damai”. Artinya PKK bersama komponen masyarakat berupaya memberi pemahaman dan kesadaran bahwa kondisi aman dan damai dimulai dari keluarga. Keluarga dan lingkungan harus jadi benteng utama untuk menciptakan kondisi tersebut,” jelas Yayuk

Kegiatan tahunan ini juga dimeriahkan berbagai lomba menarik. Diantaranya Lomba Inovasi Tepat Guna, yang diikuti oleh instansi pendidikan setingkat SMK baik negeri atau swasta serta pelaku usaha di kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Adapun 3 terbaik dimenangkan oleh SMK Raden Patah Mojosari dengan inovasi kompor multiguna sebagai juara I, inovasi lampu PJU/taman oleh SMK Raden Rahmat sebagai juara II dan toaster tenaga surya sebagai juara III oleh SMK Mutu Kemlagi.

Digelar juga Lomba Produk Pangan Olahan Unggulan, yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto yang dimenangkan Kecamatan Dawarblandong sebagai juara I, Kecamatan Puri sebagai juara II dan Kecamatan Mojosari sebagai juara III.

Untuk Lomba Pelaksanaan Terbaik Gotong Royong dimenangkan Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas sebagai juara I, Desa Gading Kecamatan Jatirejo sebagai juara II dan Desa Ngabar Kecamatan Jetis sebagai juara III.

Hadir mendampingi wakil bupati dalam acara ini antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Herry Suwito beserta Assisten dan unsur Forkopimda.

post-top-smn

Baca berita terkait