Friday, 21 September 2018

Proyek Normalisasi Kali Bogel, Proyek Monumental di Jatim

post-top-smn

Kab. Blitar, SMN – Proyek Normalisasi Kali Bogel  merupakan proyek monumental dari 9 proyek yang ada di Jawa Timur. Dimana dalam pengerjaannya membutuhkan waktu selama 3 tahun. Hal ini disampaikan oleh Kepala BBWS Provinsi Jatim  Ir. Fauzi Idris. Hal ini mengemuka pada kegiatan peletakan baru pertama normalisasi Kali Bogel, Rabu (4/4/2018).

Disampaikan pula bahwa, jika lancar 2 tahun kegiatan normalisasi akan selesai yaitu pertanggal 19 Desember 2020. Proyek dikerjakan sepanjang 7,1 km dengan anggaran bersumber dari APBN. Normalisasi akan dilakukan di dua titik yakni Kali Bogel dan di Kali Kesing. Kali Kesing menjadi pusat banjir karena sungai ini sangat kecil. Ketika air meluber dari gunung seringkali air tersebut menyebabkan banjir. Menurutnya, Kali Kesing akan di perbesar.Saat ini lebarnya 7 meter akan dilebarkan menjadi 15 meter. Efeknya ada beberapa jembatan harus direhab, itu menjadi tanggung jawab dari pemda. Sehingga air dari Kali Kesing masuk ke Kali Bogel lancar dan air dari Kali Bogel ke Kali Brantas juga lancar.

Sementara itu, Bupati Blitar Drs. Rijanto, MM menyampaikan, normalisasi Kali Bogel mutlak harus dilakukan karena setiap tahun daerah Sutojayan selalu dilanda bencana banjir. Bahkan di Tahun 2004 pernah terjadi banjir besar . Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga mengungkapkan, proyek normalisasi Kali Bogel sudah dikerjaan. Namun dalam pelaksanaannya masih ada permasalahan yakni lahan Kali Unut masih ada yang digunakan warga. Sehingga Diharapkan kerelaan agar melepaskan serta mendukung penuh terhadap pembangunan normalisasi sungai ini.

Untuk diketahui, proyek normalisasi Kali Bogel memperoleh anggaran sebesar Rp185 miliar dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari APBN. Dengan normalisasi ini diharapkan kedepan bisa mengendalikan bajir yang selama ini terjadi di wilayah Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Peletakan batu pertama proyek normalisasi Kali Bogel ditandai dengan pengoprasionalan eskavator secara simbolis oleh Bupati Blitar. Yang disaksikan oleh undangan yang hadir. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain  Anggota Komisi IX DPR RI Ir Budi Yuwono, Forkopimda Kabupaten Blitar, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Heri Romadhon, dan Muspika Kecamatan Sutojayan.(mam/adv/hms)

post-top-smn

Baca berita terkait