Sunday, 18 November 2018

Prof Akh Muzakki Pimpin Dewan Pendidikan Jatim Periode 2016-2021

post-top-smn
Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof Akh Muzakki

Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof Akh Muzakki

Surabaya, SMN – Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof Akh Muzakki resmi memimpin Dewan Pendidikan Jawa Timur periode 2016-2021. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 188/792/KPTS/013/2016, telah menetapkan sebanyak 19 orang untuk melakukan tugas-tugas Dewan Pendidikan Jatim.

Pembentukan Dewan Pendidikan sendiri merupakan amanah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Adapun tugas Dewan Pendidikan Jawa Timur sebagaimana terlampir dalam SK Gubernur diantaranya memberi pertimbangtan dalam penentuan pelaksanaan, pemantauan, pengawasan, dan penilaian arah kebijakan serta program kegiatan strategis pendidikan nasional di wilayah Jawa Timur.

Selanjutnya, melayani advokasi, asistensi, dan konsultasi serta pendampingan dalam rangka penyelenggaraan, pelayanan, pelaksanaan pendidikan bermutu, adil, terbuka, transparan, akuntabel dan demokratis. Menjadi mediator bagi masyarakat, eksekutif dan legislatif, berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan, pelayanan pendidikan dan penentuan kebijakan dalam program pendidikan.

Saat ditanya hal apa yang akan menjadi terobosan, Prof Akh Muzakki mengatakan setiap program yang dilaksanakan harus menekankan pada tiga hal yaitu inovatif, berkarakter dan dan koordinasi. “Kami berkomitmen untuk melaksanakan tugas secara optimal. Pendidikan Jawa Timur optimis menjadi contoh nasional,” tutur pria yang juga menjabat Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Rabu (11/1). (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait