Saturday, 20 October 2018

Presiden Siap Pecahkan Rekor Dunia Menanam Pohon

post-top-smn

menanam-pohon Tuban, SMN – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang digelar di Desa Tasikharjo, Kec Jenu, Kab Tuban bakal memecahkan rekor dunia. Pemecahan rekor dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dengan menanam pohon sebanyak 238 ribu batang.

“Hari ini akan dilakukan penanaman oleh Presiden sebanyak 238 ribu pohon di lahan sekitar 23 hektare. Lahan terbagi di beberapa lokasi termasuk di hutan wilayah Perhutani,” kata Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad, Senin (28/11).

Dari lahan sekitar 23 hektare, seluas 18,2 hektare adalah lahan yang dikelola Perum Perhutani. “Untuk penanaman di wilayah kami  berada di Desa Sugihan petak 29D BKPH kerek,” kata Waka Administratur Tuban Barat Perum Perhutani KPH Tuban, Muchlisin Sabarna.

Adapun bibit yang ditanam mayoritas jenis jati plus perhutani stek pucuk sebanyak 21.552 batang. Selain itu ditanam pula pohon kesambi 4.128 batang, dan mangga serta mahoni 950 batang.

Untuk penanaman di wilayah Perhutani akan dilakukan oleh 600 orang termasuk melibatkan maysarakat sekitar hutan hingga aggota Pramuka Saka Wanabhakti. Sementara di lokasi Desa Tasikharjo yang menjadi sentra penanaman bersama Presiden Jokowi dilakukan bersama ribuan warga sekitar Tuban termasuk melibatkan gabungan kelompok tani.

Adapun tema HMPI dan Bulan Menanam Nasional 2016 kali ini adalah Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan, dan Sumber Devisa Negara. Untuk prosesi penanaman sudah mulai dilakukan warga sejak pukul 08.00 WIB dan Presiden secara simbolis mulai menanam pada pukul 10.00 WIB.(afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait