Saturday, 20 October 2018

Presiden Jokowi: Indonesia Berpotensi Jadi Lumbung Pangan Dunia

post-top-smn
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Jakarta, SMN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi lumbung pangan dunia di masa datang.

Presiden Jokowi mengatakan, harapan itu dapat terwujud apabila negeri ini dapat memanfaatkan luasnya lahan yang dimiliki dengan menanami berbagai jenis tanaman pangan.

“Kita memiliki kesempatan sekali lagi untuk menjadi lumbung pangannya dunia,” kata Presiden Jokowi pada Penganugerahan Penghargaan Adhikarya Pangan (APN) 2016 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (30/11).

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, Indonesia memiliki lahan berjuta-juta hektare yang dapat digunakan untuk menanam ‎padi, jagung, dan tebu.

Dia mencontohkan, di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat terdapat lahan seluas 4,2 juta hektare yang dapat ditanami berbagai jenis tanaman pangan.

” Merauke saja memiliki lahan seluas 4,2 juta hektare. Lahan itu sangat bagus untuk ditanami jagung,tebu, dan padi. Kalau ditanam padi saja, katakanlah di lahan satu hektare, bisa menghasilkan 5-6 ton. Dikalikan saja enam kali empat sudah 24 juta ton setahun sekali panen, karena air melimpah di sana bisa tiga kali panen hitung saja 72 juta ton sama dengan produksi nasional. Itu hanya di satu kabupaten, bayangkan,” kata Presiden Jokowi.

Produktivitas pangan yang tinggi, kata Presiden Jokowi, dapat terwujud apabila para pemangku kepentingan serius mengerjakan itu.‎ Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki lahan berjuta-juta hektare berpeluang besar untuk menjadi lumbung pangan dunia.

Apalagi, pemerintah kini fokus membangun waduk, embung, dan kantung air untuk mendukung sektor pertanian.

“Karena problem lapangan juga banyak. inilah tantangan-tantangan yang kita hadapi yang harus kita selesaikan di lapangan,” katanya.

post-top-smn

Baca berita terkait