Tuesday, 19 June 2018

Potongan Pembiayaan Rabat Jalan Pulutan Wetan Mencapai 19%

post-top-smn
Kades Pulutan Wetan Suyanto dan Ketua LPM Desa Mustopa saat ditemui wartawan di Kantor Desa Pulutan Wetan.

Kades Pulutan Wetan Suyanto dan Ketua LPM Desa Mustopa saat ditemui wartawan di Kantor Desa Pulutan Wetan.

Wonogiri, SMN – Pembangunan rabat jalan di Purno Lor Desa Pulutan Wetan Kecamatan Wuryantoro potongan biayanya hingga mencapai 19%. Anggaran dana yang dialokasikan untuk rabat jalan dana pembuatan pagar makam merupakan dana yang bersumber dari APBN yang masuk dalam Anggaran Dana Desa (DD) 2017.

Jumlah potongan pembiayaan alokasi dana untuk Insfratruktur yang mencapai 19% meliputi biaya pajak PPN dan PPh sebesar 11,5%, biaya operasional Desa 5% serta biaya untuk galian C sebesar 2%, jelas Kades Suyanto ketika ditemui Wartawan (24/7) dikantor Desa Pulutan Wetan beserta Ketua LPM Desa sekaligus Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Mustopa.

Menurut Mustopa pengerjaan rabat jalan sudah sesuai speck, karena anggaran rabat sebesar 40 juta dan anggaran 20 juta untuk pagar makam  dikerjakan sesuai volume. Pengerjaan rabat sudah sesuai volume RAB dengan ketebalan 12 Cm, panjang 480 m. Jika ada warga yang mengadu pembangunannya tidak sesuai speck jelas itu tidak benar karena pengerjaannya sudah sesuai volume, kilah Mustopa.

Kades menambahkan, terkait dana pencairan secara bertahap, pencairan pertama 40% dan yang kedua 60%. Setelah dana cair ada biaya yang mesti dibayar selain PPN dan PPh, galian C, biaya operasional Desa dan beban biaya yang harus dibayar  untuk Harian Ongkos Kerja (HOK), dan itu sudah sesuai dengan ketentuan yang ada, pembangunan di Desa Pulutan Wetan sudah saya serahka dipokja masing – masing, namun jika terjadi masalah soal pembangunan saya sebagai Kades tetap bertanggungjawab, jelasnya.

Sementara dari Dinas Pekerjaan Umum Kecamatan Wuryantoro Sugianto mengatakan, kami hanya sebatas mengawasi jika pengerjaannya tidak sesuai RAB pasti kami tegur, bahkan pernah saya beritahukan soal ketebalan yang sesuai kami suruh untuk dibenahi, kata Sugianto saat ditemui dikantor PU Kecamatan Wuryantoro. (Hery)

post-top-smn

Baca berita terkait