Sunday, 21 October 2018

Ponorogo Masuk 3 Besar KB Award Jatim 2016

post-top-smn
Wabup Soedjarno beramah tamah dengan balita dari peserta KB

Wabup Soedjarno beramah tamah dengan balita dari peserta KB

Ponorogo, SMN – Keseriusan pemerintah kabupaten Ponorogo dalam penanganan KB patut di acungi jempol. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya prestasi demi prestasi, salah satunya adalah Ponorogo masuk 3 besar KB Award Jatim tahun 2016.  Penilaian KB Award Jatim dilaksanakan di Desa Jurug Sooko baru-baru ini dihadiri oleh wakil bupati Soedjarno, kepala BKB Ponorogo Drs. Hardjono, M. Kes dan Muspika. Tim juri terdiri dari Umi Yuniati (BPPKB), Dr. Saiful Hidayat (BPPKB), Waluyo Ajeng Lukitowati (BKKBN), Ida Ayu Sriati (PKK), Hj. Iswiharti (IBI), Ririn Hidayati (Dinkes) dan Slamet Riyadi dari Bappeda.

“Kegiatan penilaian KB Award ini  bertujuan untuk melihat sejauh mana komitmen pemerintah daerah dalam penanganan KB. Alhamdulillah Ponorogo masuk 3 besar nominasi KB award. Hal ini berkat kerja keras dan komitment yang tinggi dari pemkab Ponorogo dalam program KB, “ungkap Drs. Hardjono, M. Kes kepala BKB Ponorogo. Lebihlanjut dia mengatakan bahwa komitmen pemkab Ponorogo sangat tinggi dalam program KB terbukti dengan adanya badan Keluarga Berencana (BKB) Ponorogo jadi berupa badan yang utuh tidak tergabung dengan dinas lain. Anggaran juga cukup untuk program KB khususnya KB MOW (Metode Operasi wanita) sehingga bagi pasangan subur yang menginginkan KB jenis ini gratis. Selain itu peran serta lintas sektor sangat tinggi baik dari PKK, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari, Kodim, Polres, IDI, IBI dan mitra terkait.

“Selain hal-hal diatas juga ada inovasi program antaralain adanya sinergitas pelatihan  Contraceptive Technology Up to date (CTU) bagi bidan dan dokter dengan pelayanan KB pasca bersalin. Jadi orang bersalin pulang sudah berKB. Juga ada Puskesmas pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP)satu atap bisa melayani KB MOP, IUD dan Implant di Puskesmas Bungkal. Dan sebagai tambahan informasi bahwa di desa Jurug Sooko ini ada kelompok KB pria peserta MOP, “terang Hardjono.

Dengan berbagai fasilitas, sarana prasarana dan komitmen pemkab bersama insan KB Ponorogo, semoga dapat membawa kabupaten Ponorogo juara 1 di KB Award Jatim 2016 ini. (any/wid)

post-top-smn

Baca berita terkait