Wednesday, 26 June 2019

Polres Lumajang Gencar Laksanakan Operasi Senja

post-top-smn
Lumajang, suara media nasional, co.id –  Kendati belum genap seminggu bertugas di Lumajang, namun Kapolres AKBP Muhammad Arsal Sahban, sudah memiliki kiat jitu mengantisipasi gangguam keamanan di wilayahnya. “Saya minta semua polsek menggiatkan patroli serta menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat dan menggencarkan kembali siskamling sebagai antisipasi adanya gangguan keamanan,” ujar Kapolres.
Sudah menjadi tugas dan kewajiban Polri, untuk memberikan rasa aman bagi warga dan masyarakat, kapanpun dan di manapun. Sebab, aksi kejahatan bisa terjadi kapanpun dan bisa menimpa siapapun.

Operasi senja ini sedang digiatkan polisi di Lumajang dengan cara menjalin dialog dengan warga, patroli wilayah dan menyapa warga.

Maka, diharapkan dengan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, bisa menekan serta mengurangi ruang gerak  para pelaku.
Banyak yang bisa dilaksanakan oleh anggota Kepolisian , guna mencegah terjadinya pelaku tindak kejahatan. Salah satunya melaksanakan patroli rutin dan memberikan himbauan keamanan kepada warga masyarakat, meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan di saat senja. “Ini seperti yang dilakukan Patroli motor dan mobil Sabhara Polres Lumajang,” ungkapnya.
Operasi senja ini sedang digiatkan polisi di Lumajang dengan cara menjalin dialog dengan warga, patroli wilayah dan menyapa warga
“Dalam pelaksanaanya, menjelang pergantian senja ke malam, menyapa warga sekaligus memberikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas , baik secara langsung maupun melalui pengeras suara mobil patroli,” beber Kapolres AKBP M. Arsal Sahban.
Kasat Sabhara Polres Lumajang, AKP Jauhar Ma’arif mengatakan,  selain mengantisipasi kejahatan jalanan, kegiatan patroli senja ini juga di lakukan sebagai upaya mengurangi ruang gerak pelaku teror seperti yang terjadi di Lumajang.
Artinya, polisi terus berusaha mengingatkan kepada warga agar senantiasa meningkatkan kewaspadaanya.
“Petang ini, kita melakukan giat patroli di seputaran kota mulai dari embong kembar, kawasan toga dan stadion, hingga JLT yang notabene merupakan jalur rawan aksi kejahatan serta balapan liar. Sementara anggota regu lainnya, melaksankan kegiatan serupa di sejumlah titik-titik rawan lainnya,” imbuh AKP Jauhar.
Patroli senja dilakukan dengan cara bergerak melintasi jalan poros, sekitar persawahan dan kawasan perumahan padat penduduk.
Waktu senja adalah rawan, menurut catatan kamtibmas wilayah hukum Polres Lumajang,  karena warga masyarakat juga persiapan menyongsong waktu shalat maghrib sehingga tidak fokus pada kendaraannya yang masih terparkir di halaman atau serambi rumah tanpa pengamanan yang memadai.
Bahkan petugas juga tak segan-segan menjaga halaman parkir masjid yang di pergunakan untuk sholat Maghrib berjamaah. (tik)
post-top-smn

Baca berita terkait