Wednesday, 17 October 2018

Polda Jatim Siap Amankan Pilkada Kota Batu 2017

post-top-smn

pilkada-2017 Surabaya, SMN – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur siap membantu atau memback up pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Walikota dan Wakil Walikota di Kota Batu yang dilaksanakan pada Pebruari 2017 mendatang.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Anton Setiadji di Surabaya, Rabu (19/10) mengatakan untuk personel yang dikerahkan untuk memback up pengamanan pilkada Walikota dan Wakil Walikota Batu 2017, yaitu disiapkan 43 ribu personel. “Kami siap membantu pengamanan pilkada Batu 2017 dan terserah berapa yang mau diminta untuk diperbantukan,” tegasnya.

Dijelaskan, pengamanan untuk Pilkada Kota Batu nantinya harus berjalan lancar dan aman. Karena di Jatim nanti hanya Kota Batu saja yang menggelar Pilkada serentak tahun 2017. “Hanya Batu saja, jadi harus aman,” tegasnya.

Kapolda Jatim yang didampingi oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol R.P Argo Yuwono ini menambahkan, untuk pengamanan di pilkada Batu mendatang daerah yang harus diwaspadai adalah kawasan perbatasan. Karenanya pengamanan di kawasan perbatasan ditingkatkan.

“Untuk personil dari Polda nanti akan kita kerahkan untuk mengamankan perbatasan untuk menghalau masa yang akan mengganggu jalannya pilkada 2017 nanti, sehingga pilkada Batu berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam berharap agar tingkat partisipasi pemilih pada Pilwali Kota Batu tahun 2017 dapat mencapai tingkat partisipasi pemilih Pilkada Kota Pasuruan tahun 2015 sebesar 80%. “Partisipasi (pemilih pada pilkada serentak tahun 2015 di Jawa Timur) sekitar 50% sampai 80%. Yang tertinggi (Kota) pasuruan sekitar 80 %,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pilkada batu pada 2017 mendatang diikuti oleh empat pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati yaitu, Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso, Abdul Majid – Kasmuri Idris, Hairuddin – Hendra Angga Sonatha, dan Rudi – Sujono.

“Saya berharap kepada Paslon untuk tetap melakukan kampanye dengan santun, dan tidak boleh mengeluarkan kampanye yang berbau tentang sara, agar pelaksanaan pilkada Batu tetap kondusif dan aman,”ujarnya. (pca/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait