Saturday, 17 November 2018

Pola Hidup Sehat, Cegah Hipertensi

post-top-smn
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani

Blitar, SMN – Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menyebutkan, penyakit hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit yang sering menyerang sebagian besar masyarakat Kabupaten Blitar. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani menjelaskan, sebagian besar warga Kabupaten Blitar menderita penyakit Hipertensi. Hal itu didapat dari laporan 56 pos pemantau penyakit tidak menular atau PPTM yang tersebar di Kabupaten Blitar, dimana jumlah penderita hipertensi menduduki puncak penyakit yang sering dijumpai di masyarakat disusul penyakit diabetes melitus. rata – rata penyakit hipertensi menyerang warga dengan rentang usia produktif antara 35 hingga 67 tahun.

Kuspardani menambahkan, penyebab utama munculnya penyakit hipertensi yakni pola makan serta gaya hidup yang cenderung tidak sehatyang membahayakan sebagian besar penderita hipertensi tidak mengetahui dirinya mengidap penyakit tersebut sehingga perlu inisiatif untuk memeriksakan tekanan darah ke lembaga kesehatan terdekat secara berkala.

Penyakit hipertensi, juga disebut sebagai “silent killer” sehingga masyarakat harus benar-benar meningkatkan kewaspadaannya dengan menghindari makan seperti asin-asinan/garam dan berlemak.

diharapkan kesadaran di masyarakat untuk memperhatikan perilaku hidup sehat sehingga bisa memperpanjang harapan hidup manusia .(mam)

post-top-smn

Baca berita terkait