Monday, 23 July 2018

PMI Surabaya Tetap Gelar Donor Darah Selama Ramadhan

post-top-smn

doras

Surabaya, SMN – Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya tetap menggelar donor darah selama bulan ramadan. Upaya tersebut untuk memastikan agar stok kantong darah tidak mengalami kekurangan.

Kepala Humas PMI Surabaya, Agung Tri Joetanto mengatakan, taman kota dan rumah ibadah adalah lokasi yang akan digelar donor darah. Pihaknya menyiapkan souvenir dan sembako bagi para pendonor. “Kita lakukan aksi jemput bola agar lebih dekat dengan masyarakat,” tuturnya, Selasa (30/5) di Surabaya.

Ia mengungkapkan, ketersediaan stok darah di PMI Surabaya selama ini lebih dari cukup dibandingkan dengan permintaan sekitar 400-an kantong darah. Permintaan tersebut 60 persen berasal dari RSUD dr Soetomo, sisanya dari luar kota maupun luar provinsi. “Bahkan bulan lalu kami mengirim stok darah ke Pinang, Malaysia,” jelasnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Agung,  pada bulan puasa tren di berbagai daerah terjadi penurunan stok darah bahkan hingga 50 persen. Namun, hal tersebut tidak terjadi di PMI Surabaya karena masyarakat dan sejumlah institusi telah melakukan donor darah sebelum memasuki bulan suci ramadan.

“Meski stok aman, tapi permintaan tidak bisa diprediksi. Sebab, pendonor darah memang tidak bisa dipaksa. Biasanya golongan darah AB yang paling rawan karena stok nya paling sedikit dan yang negatif itu yang sulit,” tandas Agung.

Sebelumnya, PMI Surabaya merilis jumlah stok darah lebih dari cukup per tanggal 26 Mei 2017. Rinciannya, untuk darah endap (packed Red Cell/PRC) ada 870 kantong yang terdiri dari 215 kantong golongan darah A, 273 golongan darah B, 67 AB positif dan 1 negatif, dan 316 golongan darah O.

Stok darah putih (Thrombocyte Concentrate ) ada 1.065 kantong yang terdiri dari 212 golongan darah A, 321 golongan darah B, 51 golongan darah AB dan 480 golongan darah O positif dan 1 negatif.Sedangkan untuk stok darah utuh (whole blood/WB) sebanyak 430 kantong darah yang terdiri dari 85 golongan darah A, 127, 11 AB positif dan 1 AB negatif serta 206 golongan darah O. (jn)

post-top-smn

Baca berita terkait