Sunday, 22 July 2018

Plt. Bupati Trenggalek Tandatangani MoU dengan PT. Qlue Untuk Wujudkan PSC

post-top-smn

Trenggalek, SMN – Demi mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Trenggalek ke arah perubahan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, Plt. Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin tandatangani kesepakatan (MoU) bersama Qlue (PT. Qlue Performa Indonesia), sekaligus melaunching Aplikasi Public Service Center (PSC) Qlue di Pendapa Manggala Praja Nugraha Pemkab Trenggalek, Kamis 12/04/2018.

Dalam kesempatan itu juga dikukuhkan Pasukan Qlue, yaitu pasukan khusus yang bertugas menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat. Ada Pasukan Pink untuk masalah sosial, Pasukan Putih untuk masalah kesehatan, Pasukan Orange untuk masalah insfrastruktur dan kebencanaan, Pasukan Biru untuk keamanan dan kertiban, Pasukan Kuning untuk masalah kebersihan serta Pasukan Merah untuk menindaklanjuti dokumen kependudukan. Serta ada pasukan yang disebut Pasukan Bayangan. Mereka sengaja tidak mengenakan rompi, yang mengawasi jalannya pelaksanaan pembangunan dan saber pungli di Trenggalek.

Dalam sambutannya Nur Arifin mengatakan, “Trenggalek memang tidak memiliki anggaran lebih untuk pengadaan teknologi mutahir yang mendukung program ini, namun telah disiapkan SDM yang capabel, yang menindaklanjuti, sebagai garda depan pelayanan untuk masyarakat. Untuk itu pada kesempatan kemarin juga dilatih dan dikukuhkan agen PSC sebanyak 60 orang, dimana setiap OPD ada satu agen PSC.”

“Kendala yang dihadapi Pemkab Trenggalek, diantaranya masih tercecernya layanan aduan di masing – masing OPD. Misalnya SMS Lapor, PSC 119 di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, nomor online di Pusdalops. Sehingga kepala daerah tidak bisa langsung mereview, memonitor apa saja yang sudah ditindaklanjuti, harus menunggu laporan masuk dulu.” lanjutnya.

Dijelaskan juga oleh Wakil Bupati Termuda ini, bahwa trial untuk pelaksanaannya selama enam bulan ke depan. Hal tersebut untuk melihat apakah aplikasinya diing well atau blank spot dan perlu komunikasi dengan Telkomsel, ini yang terus dilakukan.

Disesi sambutan Director of Solution PT. Qlue Performas Indonesia, Dedi Irawan Sinuadji mengapresiasi langkah Pemkab Trenggalek dengan inisiatif menggandeng Qlue untuk pelaksanaan pembangunan di Trenggalek dan menyampaikan penghargaan untuk Pemkab Trenggalek, telah berani berubah dengan mengimplementasikan sistem Qlue My City, dimana warganya aktif dan pemerintahnya responsif.(hms/adv/ed)

post-top-smn

Baca berita terkait