Sunday, 27 May 2018

Permudah Akses Literatur, Kemenag Luncurkan iSantri Digital Corner

post-top-smn
Ilustrasi - iSantri

Ilustrasi – iSantri

Surabaya, SMN – Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren akan meluncurkan aplikasi iSantri Digital Corner. Para santri di beberapa pondok pesantren yang ditunjuk akan semakin mudah dalam mengakses literatur untuk menunjang proses belajar mengajar.

Kasubdit Pendidikan Dinyah Dit PD Pontren Ahmad Zayadi mengatakan rencananya aplikasi sosial media iSantri akan dirilis pertama kalinya oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin di pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo hari ini, Senin (28/11).

“iSantri adalah Aplikasi Sosial Media berbasis buku dan kitab digital, dilengkapi dengan digital library. Aplikasi ini berisi beragam kitab, buku pelajaran, buku sains dan buku penunjang lainnya yang bisa dipinjam dan dibaca oleh Santri/siswa untuk belajar mandiri serta memperkaya pengetahuan,” ungkapnya melalui rilis Kemenag.

Ia menjelaskan digital corner nantinya akan menjadi media dan penunjang kegiatan belajar mengajar para santri. Aktivitas yang bisa dilakukan di iSantri Digital Corner ini antara lain membaca e-book lewat iSantri, diskusi seputar buku yang sedang dibaca, serta pelatihan dan workshop.

“iSantri Digital Corner merupakan dynamic library yang disediakan di area Pondok Pesantren/Madrasah (dalam dan luar gedung perpustakaan) untuk memberikan akses kepada para Santri/siswa membaca lewat iSantri. iSantri Digital Corner sekaligus menjadi ruang untuk diskusi dan pengembangan literasi Santri/siswa dan guru,” terangnya.

Seperti diketahui, ada sebanyak 13 digital corner yang akan beroperasi di 13 Mahad Aly, yaitu Mahad Aly Saidusshiddiqiyyah (DKI Jakarta), Mahad Aly Syekh Ibrahim Al Jambi (Jambi), Mahad Aly Sumatera Thawalib Parabek (Sumatera Barat), Mahad Aly MUDI Mesjid Raya (Aceh).

Selain itu, Mahad Aly Asadiyah (Sulsel), Mahad Aly Rasyidiyah Khalidiyah (Kalsel), Mahad Aly salafiyah Syafiiyah (Jatim), Mahad Aly Hasyim Al-Asyary (Jatim), Mahad Aly At-Tarmasi (Jatim), Mahad Aly Pesantren Maslakul Huda fi Ushul al-Fiqh (Jateng), Mahad Aly PP Iqna ath-Thalibin (Jateng), Mahad Aly Al Hikamussalafiyah (Jabar), dan Mahad Aly Miftahul Huda Manonjaya (Jabar). (luk)

post-top-smn

Baca berita terkait