Saturday, 24 August 2019

Breaking News

Perjuangkan Hak bayi,Bupati Jombang Terus Dorong Raperda Pemberian ASI

post-top-smn

JOMBANG - PERJUANGKAN

Bupati Jombang Bersama Tropy dan Piagam Gizi award dari Persagi Jatim

Jombang, SMN – Bupati Jombang terus berupaya untuk memenuhi hak anak khususnya bayi yang baru dilahirkan, agar mendapatkan ASI eksklusif dari Ibunya. Kedepan Pemkab Jombang  akan mewajibkan seluruh perkantoran dan perusahaan swasta menyediakan ruang laktasi atau ruang menyusui bagi Ibu. Bukan hanya itu, pasar dan terminal juga akan dilengkapi dengan fasilitas berupa ruang ASI atau ruang untuk Ibu Menyusui.

Rencana itu disampaikan dalam  usulan lima Rancangan Peraturan Daerah (raperda) di gedung DPRD setempat, Senin (2/3/2015). Nah, salah satu raperda tersebut berisi tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif.  “Raperda tentang ASI tersebut untuk memenuhi hak anak,” ujar Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, usai acara.

Bupati Nyono Suharli  menjelaskan, dalam Raperda tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif itu dijelaskan, bahwa seluruh tempat kerja seperti perusahaan dan perkantoran baik pemerintah maupun swasta diwajibkan menyediakan ruang untuk menyusui, atau memerah ASI. Hal itu bertujuan untuk melindungi dan menjamin pelaksanaan inisiasi menyusui dini dan pemberian ASI.

“Dari sisi kesehatan, ekonomi dan agama, ASI lebih utama ketimbang susu formula. ASI seharusnya diberikan sejak lahir hingga bayi minimal usia 6 bulan kedepan. Pentingnya pemberian ASI ini juga untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak,” kata Bupati Nyono Suharli yang baru saja mendapatkan penghargaan Gizi Award 2015 dari Persagi jatim untuk kategori peningkatan gizi melalui peningkatan ASI Eksklusif.

Karena itu pula, lanjut Bupati Nyono Suharli, sebagai bentuk tanggung jawab, pemerintah mempunyai kewajiban menyediakan ruang menyusui. Selain itu juga melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan program pemberian ASI di fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk di tempat kerja dan sarana umum lainnya.  (adv/met)

post-top-smn

Baca berita terkait