Thursday, 13 December 2018

Penyambutan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72, Gubsu Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Walikota Medan, Dzulmi Eldin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw Gelar Upacara Ziarah Nasional

post-top-smn

PATEN SUMUT Medan, SMN – Dalam rangka penyambutan memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72, digelar upacara ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan di Jl. Sisingamangaraja Medan, Rabu (4/10) yang dihadiri Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw beserta pejabat utama TNI Kodam I/BB, PJU Lantamal dan PJU Kosek Hanudnas dan unsur Forkopimda Sumut.

Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, selaku perwira upacara yaitu Mayor TNI J Karo-Karo, dan sebagai komandan upacara yaitu Mayor Laut TNI Heldi Gustiar. Peserta upacara dalam kegiatan ini terdiri dari pleton TNI AD, AL, AU, PNS, persit dan veteran.

Sementara itu sebagai bentuk rasa terimakasih, Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si mengatasanamakan masyarakat Sumut dan pemerintah provinsi (Pemprov) mengucapkan selamat HUT kepada TNI yang telah berjasa terhadap Indonesia khususnya dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa dari belenggu penjajah.

Karenanya di komplek pemakaman Taman Makam Pahlawan, peringatan tersebut digelar sekaligus mengingat jasa para prajurit yang telah wafat.“Kami atas nama masyarakat dan pemerintah daerah Sumatera Utara mengucapkan dirgahayu TNI yang ke-72 tahun, semoga TNI semakin berjaya, kuat serta selalu solid dalam menjalankan tugas negara menjaga keutuhan NKRI,”harapnya.

“Tentu juga kami sebagai generasi penerus, akan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan. Mungkin sampai dengan hari ini, cita-cita itu masih harus kita benahi dan kita lanjutkan. Selamat HUT TNI ke 72 tahun,” ucap Erry lagi.

Ditempat yang sama, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, menyampaikan ucapan selamat kepada TNI, semoga semakin jaya, kuat dan satu padu dengan semua unsur anak bangsa. Sebagai bagian dari pertahanan dan keamanan negara, pihaknya juga menyampaikan doa untuk arwah para pahlawan yang terdahulu.

Dalam Pantauan Suara Media Nasional, upacara berlangsung khidmat dan rangkaian kegiatan diisi dengan penghormatan pasukan kepada para Pahlawan kemudian mengheningkan cipta untuk mengenang jasa jasa para Pahlawan kemudian peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan kemudian, rangkaian kegiatan upacara dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan diantaranya di makam Alm Brigjen TNI A Azis Siregar yang pernah menjabat Aster Suwilhan Sumut-Kalbar (wafat 4 Maret 1981), Letjen Purn Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat Gubernur Sumut periode 1988-1998 (wafat 5 September 2005), Brigjen H Abdul Manaf Lubis (wafat 6 Agustus 1996) dan Gubernur Sumut periode 1966-1977 Mayjen H Marah Halim Harahap (wafat 3 Februari 2016). (Maria. Batubara)
post-top-smn

Baca berita terkait