Saturday, 23 March 2019

Penyalahgunaan Jasmas DPRD TK 1 Jatim 2016

post-top-smn

IMG-20170313-WA0005 Mojokerto, SMN – Kegiatan swakelola untuk poktan atau kelompok tani yang berupa jalan usaha tani diduga disalahgunakan dalam pelaksanaannya. Kegiatan ini berasal dari APBD Pemprov 2016 pencairannya tahun 2016 ke rekening poktan, tapi dilaksanakan awal tahun 2017. Pekerjaan ini sifatnya swakelola oleh poktan yang menerima dana hibah ini, tapi kenyataannya tidak dilibatkan, hanya dilibatkan ketika pembersihan lokasi itupun kerja bakti. Ada indikasi poktan diwilayah kecamatan gondang dan kecamatan pacet tidak ikut pelaksanaan cuma dipakai sebagai alat penerima dan proses pencairan. Ketika dana sudah cair oleh bendahara poktan diserahkan pihak ke 3. Dan diduga pelaksanaan kualitasnya sangat buruk sementara perangkat desa pasif tidak ada sosialisasi meskipun terdapat poktan yang menjadi pengurus dan anggotanya terdapat perangkat desa didalamnya.

Menurut Wiwit Hariyono SE, selaku ketua FKI-1, “kegiatan ini rawan disalahgunakan, tidak transparan, dan berpotensi merugikan negara dan masyarakat”.

Mengingat banyak ditemukan dugaan dugaan penurunan kualitas pekerjaan. Semua pekerjaan kegiatan swakelola untuk poktan/kelompok tani yang berupa jalan kerjaannya dalam waktu satu minggu banyak yang rusak parah.harapan ada pengawasan serius dari pihak terkait,DPRD Prov Jatim,inspektorat,penegak hukum.(ful)

post-top-smn

Baca berita terkait