Wednesday, 23 May 2018

Pengembangan PPID, Kominfo Terima Kunker DPRD Tulungagung

post-top-smn

dinas-komunikasi-dan-informatika-provinsi-jawa-timur Surabaya, SMN – Sebanyak 20 orang rombongan dari  Komisi D DPRD Tulungagung mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Selasa (20/12). Kunker dalam rangka peningkatan kapasitas Komisi D DPRD Tulungagung terkait pengembangan PPID tingkat kecamatan dan desa/kelurahan sebagai wujud transparansi ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan.

Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tulungagung Supriyono dan diterima langsung Kepala Bidang Pembedayaan TIK Kominfo Jatim Mardijono. Dalam pertemuan di Kantor Dinas Kominfo Jatim, Mardijono mengatakan, badan publik dalam hal ini SKPD memang tidak lagi punya wewenang menyembunyikan informasi publik kepada masyarakat, untuk itu, dibentuklah PPID. Keberadaan PPID adalah untuk memberikan informasi secara terbuka kepada masyakarat. Meski demikian, ada informasi publik yang bersifat umum dan ada yang terkecuali seperti soal anggaran.

Terkait anggaran, memang tidak diperbolehkan ditampilkan atau diinformasikan sesuai format aslinya tapi harus diberikan setelah diformat ulang. ”Diformat ulang supaya tidak membingungkan masyakat, sehingga tidak terjadi salah persepsi di kemudian hari.” tegas Mardijono.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa dalam memberikan informasi seputar anggran ini juga harus di bawah pengarahan Sekretaris Daerah.

Hal senada dikatakan Yanti Dyah Harsono, Kepala Seksi Pemberdayaan Muatan TIK Diskominfo Jatim. Ia mengatakan, dalam memberikan informasi kepada masyarakat harus terbuka terkecuali soal anggaran.

Yanti juga menambahkan, untuk PPID pembantu di kecamatan, desa dan keluarahan, sesuai Permendagri No 35/2010 dan Pergub No 55/2011 bahwa PPID pembantu ditetapkan dengan SK Kepala SKPD selaku atasan PPID pembantu. Jadi, PPID Pembantu selayaknya Ketua PPID dijabat sekretaris dan dibantu unit kerja lainnya dan Pejabat Fungsional Pranata Humas, Komputer, Arsip apabila SDM ada dan mendukung. Sejauh ini, PPID yang sudah terbentuk adalah di kabupaten Blitar, Pacitan, dan Banyuwangi.  (shi/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait